Wednesday, June 17, 2009

13 Tips Blogging

9 comments
loading...
Saat mencari artikel tentang tips-tips agar mendapatkan ide baru untuk diposting di blog, saya menemukan artikel menarik yang dibuat oleh salah satu blogger asal luar yang terinspirasi dari salah satu penulis ternama yaitu Stephen King's dalam bukunya yang berjudul On Writing.
Dan tentu saja ini merupakan tips yang bagus untuk para blogger, karna blogger juga kan penulis, bedanya hanya media yang digunakannya aja :).
Berikut 13 tips atau pelajaran untuk kita memulai blogging.

1. Just Start It
Apapun rencana kalian atau keinginan kalian, cepatlah lakukan atau mulailah melakukannya.
Ambillah langkah pertama. Mulailah mengejar impian kalian. Bila kalian cukup berani untuk memulai, kalian pasti akan berhasil dan akan membuatnya terjadi.

2. Follow Your Passion
Apapun yang orang katakan, lakukanlah apa yang ingin kalian lakukan. Stephen Kings sekeluarga, para penulis, dan sebagainya mengatakan bahwa dia telah menghabiskan waktu untuk menulis, tapi dia tetap terus maju selama dirinya sendiri meyakininya.

3. Do It For Joy
Jika tidak ada kesenangan di dalamnya, ini sangat tidak bagus. Menulis bukan tentang membuat uang, semakin terkenal, atau membuat teman-teman. Menulis posting blog harus terinspirasi dari bermain dan seharusnya tidak merasa seperti bekerja. Bila kalian melakukannya untuk kesenangan, kalian dapat melakukannya selama-lamanya, tidak peduli apapun itu.

4. Stick To It
Jangan menyerah dengan impianmu. Tidak peduli sesulit apapun itu.
Penulis handal mendapatkan hasil dari ribuan hari yang telah dihabiskan oleh penulis untuk menyusunnya dan puluhan ribu jam dihabiskan untuk membaca komposisi dari orang lain.

5. Don’t be afraid of rejection
Belum ada seorang pun yang membaca blog kalian saat ini? Jika kalian benar-benar menikmatinya, seharusnya ini tidak menjadi masalah untuk kalian. Teruslah berusaha untuk menciptakan bahan bacaan baru, dan selanjutnya pembaca akan datang satu persatu.

6. Find your own writing space
Saat menulis, hilangkan seluruh masalah kalian didunia. Cari ruangan khusus untuk kalian menulis, tutuplah pintu, lalu mulailah berkonsentrasi. Hilangkan semua gangguan, matikan TV. Hal ini akan meningkatkan kualitas hidup kalian, menghemat banyak waktu yang bisa kalian gunakan untuk bekerja dengan yang kalian inginkan.

7. Make it unique
Ciptakan sendiri kemampuan personal menulis kalian. Kalian tau sendiri, apa yang membuat kalian unik.
Kalian memiliki pemikiran sendiri, kepentingan, dan keprihatinan. Jadilah orang yang berani, katakan kepada orang lain apa yang kalian pikirkan dan apa yang kalian ketahui.

8. Make your writing reader-friendly
Hanya dengan melihat teksnya, kalian dapat mengetahui apakah artikel ini mudah atau sulit untuk dibaca. Artikel yang mudah dibaca berisi paragraf yang pendek dan penggunaan spasi yang lumayan banyak. (ini termasuk gak ya? :p)

9. Edit yourself
Menulis konsep pertama, keluarlah dari hal yang lazim/biasa, lakukanlah sesuatu yang lain. Lalu kembalilah dan baca keseluruhannya. Perbaiki kata-kata yang salah dan lakukan secara konsisten. Kalian perlu merevisinya. Abaikan kata-kata yang dibutuhkan, dan hilangkan kata-kata yang tidak penting.

10. You cannot please everyone
Kalian tidak bisa mengharapkan semua pembaca akan menghabiskan setiap waktunya untuk membaca artikel kalian, kalian bahkan tidak bisa mengharapkan beberapa pembaca akan menyitakan waktunya untuk membaca, Tapi yang harus kalian lakukan mempersilahkan pembaca untuk menyita beberapa menit waktunya.

11. Teach yourself
Lupakan kelas, lupakan pelajaran, seminar,dan bla..bla..bla..
Kalian pelajari pengalaman kalian sendiri dengan berupaya menempatkannya kedalam dan lakukanlah itu.
Pelajaran yang paling berharga dari semua hal adalah mengajarkan diri kalian sendiri.

12. Write a lot
Jangan hanya berbicara, segeralah lakukan. Waktu kalian sangat berharga dan kalian harus memahami bahwa waktu yang kalian habiskan untuk berbicara tentang menulis adalah waktu yang tidak kalian lakukan untuk melakukannya.

13. Read a lot
Jika kalian tidak memiliki waktu untuk membaca, kalian tidak akan punya waktu atau alat bantu untuk menulis dengan baik. Apapun yang kalian baca memiliki sebuah pelajaran. Membaca sesuatu yang bagus membantu kalian untuk lebih giat dan bekerja keras. Kalian liat apa yang dapat dilakukan dan pengalaman yang berbeda-beda.
Membaca sesuatu yang buruk membantu kalian mengenali hal-hal buruk dan membantu kalian menjauhi hal-hal tersebut dalam bekerja.

Yah...itulah tips-tips yang lumayan bagus untuk kita para blogger. Maaf kalo ada kata-kata yang kurang kalian mengerti, maklum ini juga hasil terjemahan dan pastinya dirubah dengan gaya tulisan saya sendiri :)
Semoga Bermanfaat
loading...

9 comments:

  1. wah sepi komentar.. berarti kurang bermanfaat neh..

    ReplyDelete
  2. Hehe. .mas hengky bisa aja nih :f
    Gak pa2 mas sepi komentar, yg penting kan dibaca. Ya gak? :D

    ReplyDelete
  3. Sapa bilang gak manfaat, buktinya nih tulisan gua simpan buat dipelajari. Lagian ini tulisan masih baru, neh.
    Trims ya mas, blognya akan saya tambahkan pada link di blog saya, Tips sukses.

    ReplyDelete
  4. Thanks juga mas Rusdi, gak pa2 kok mas, pendapat orang kan berbeda-beda :)
    Nanti saya link balik jg blog mas rusdi, tp saya taruh didalam postingan ya?
    Masalahnya yg di side bar udah penuh, takutnya nanti jd broken link^^

    ReplyDelete
  5. hallow mas..
    wah tips blogging nya menggoda hati saya.. =)) :))
    boleh gak mas blog mu ta' add di blog ku, hehehe

    ReplyDelete
  6. modal dengkul@menjadi kaya dari internet said :
    tips yang bagus buat blog saya nih.. neubie yeuh!

    ReplyDelete
  7. emang sih kalau dilaksanakan bagus sekali, tapi kadang malas lah penyakitnya. yuk semangat lagi yuk

    ReplyDelete
  8. hahaa,bener banget ganz...makin bermanfaat yah tips agan..hehe

    ReplyDelete
  9. Menjadi seorang penulis itu mudah,,asalkan kita mau dan niat. Tapi untuk memulai itu yg agak susah,,tapi dengan bantuan tips ini...seorang yang belum pernah sekalipun menulis pun pasti bisa memulainya dengan mudah.
    thanks ya buat tipsnya,,berguna dan bermanfaat banget.

    ReplyDelete