Tuesday, June 02, 2009

Alexa. .Oh. .Alexa

2 comments
loading...
Wkwkwk. . .sebentar ya, sebelum saya memulai posting, saya ingin tertawa dulu hehehe. . . . Habis saya gak tahan membaca judul postingan saya kali ini, yupz. . .Alexa Oh Alexa.
Sebelum kalian salah persepsi ataupun salah mengira, lebih baik saya jelaskan dulu Alexa manakah yang akan saya bahas? Bukan, bukan Alexa Band Indonesia yang saya maksud, melainkan Alexa yang merupakan nama sebuah situs sekaligus perusahaan penyedia jasa informasi tentang traffik internet. Agar lebih akrab maka saya lebih memilih untuk memanggilnya dengan sebutan Tante Alexa, xixixi. . .sok akrab banget yak? ,p

Ok. .cukup ngelanturnya, sekarang mari kita fokus untuk membahas salah satu situs yang menjadi 'momok' terpenting dikalangan blogger.
Wew. . .emang segitu pentingnya ya?
Bagi para blogger yang menjadikan blognya sebagai sarana penghasil uang (seperti saya salah satunya, mungkin. . .hehe), baik itu penghasilan utama ataupun sampingan, jelas Tante Alexa sangatlah penting. Karena biasanya salah satu hal yang menjadi 'patokan' atau tolak ukur bagus atau tidaknya suatu blog, dan ramai tidaknya suatu blog, kita bisa melihatnya dari ranking yang didapat dari Tante Alexa. Dan mungkin sudah banyak dari kalian yang tau, bahwa biasanya pemasang iklan lebih mempercayakan produk yang dijualnya untuk dipasang/dipajang/dititipkan pada sebuah blog, berdasarkan ranking dari tante alexa ini.
Nah, sampai disini kita sudah tau bukan, betapa pentingnya rangking dari tante alexa kita yang tersayang? xexexe. . .ngerayu :p.
Ok kalo begitu, mari kita lanjut. Tadi kan saya sudah bahas bahwa tante alexa merupakan situs penyedia data informasi mengenai traffik internet. Sebenernya nggak sampai disitu aja penjelasannya, tante alexa juga merupakan pencipta dari Wayback Machine, atau lebih ringkasnya juga disebut situs yang berisi arsip dari jutaan halaman website diseluruh dunia. Tuh, hebat banget kan tante alexa^^

Tante Alexa mulai diakuisisi oleh Amazon.com pada tahun 1999, jadi bisa dibilang bahwa tante alexa itu merupakan anaknya om amazon wkwkwk mulai ngawur lagi maksud saya alexa merupakan anak perusahaan amazon (situs belanja online, bukannya sungai hehe).

Trus, darimana alexa menentukan status rangking suatu blog?
Wadduhh. .sebenernya ada banyak faktor yang menjadi bahan penilaian blog kita di mata tante alexa. Tapi, yang sampai sekarang masih menjadi kontroversi, simpang-siur, perdebatan, dan tetek bengek yang lain, hehe, tentunya dikalangan para webmaster, bukan nubie seperti saya, tante alexa melihat dan memberikan rangking suatu blog berdasarkan jumlah traffic atau pengunjung, dan data kunjungan ini dilihat berdasarkan jumlah internet yang menggunakan toolbarnya tante alexa pada browser internet yang kita gunakan. Untuk contoh toolbarnya bisa kalian liat dan donlot langsung dari rumahnya tante alexa hehehe.
Dan terakhir yang saya dan kalian perlu ketahui (walaupun sebenarnya kalian udah pada tau, xexexe) peringkat tante alexa dengan mbah google itu berbanding terbalik. Kalo di mbah google makin besar peringkatnya kan makin bagus, nah. .kalo di tante alexa justru makin kecil peringkat suatu blog, makin bagus lah blog tersebut.

Hehe. . .kayaknya cukup segitu aja deh, karena pengetahuan saya tentang tante alexa hanya terbatas sampai disitu. Nanti apabila saya mendapat informasi terbaru, dan pengetahuan saya makin bertambah, pasti akan saya sharing lagi.
loading...

2 comments:

  1. kayaknya Google PageRank lebih penting dari Alexa

    ReplyDelete
  2. Hehe. . .klo google pagerank seh gak usah ditanya um Jep:D
    Kan diawal gw dah bilang, klo alexa rank ntu salah satu patokan. Jd gak berarti alexa rank lbh penting dari google pagerank, hehe. . .
    Btw, thanks ya um dah mau mampir^^

    ReplyDelete