Friday, June 05, 2009

Berkomentar Atau Tidak Berkomentar?

2 comments
loading...
Dulu, waktu saya membuat blog ini, saya sangat berharap sekali artikel-artikel yang saya buat akan banyak mendapatkan komentar. Entah itu dari sesama rekan blogger ataupun dari pengunjung blog saya. Tapi kenyataan yang saya dapat sangat berbanding terbalik dengan apa yang saya harapkan.
Lantas siapakah yang harus disalahkan?
Jawabannya jelas gak ada. Setiap blogger pasti mempunyai keinginan yang sama dengan saya saat membuat blognya. Jadi tidak salah bukan apa yang saya harapkan?
Begitu juga dengan komentar, setiap blogger dan pengunjungnya mempunyai hak untuk mau mengomentari salah satu artikel pada suatu blog ataupun tidak. Itu merupakan hak mereka.

Siapa sih yang gak mau blognya ramai pengunjung serta komentar dari pengunjungnya? Apalagi seperti Blog Kang Rohman. Saya yakin semua blogger pasti menjawab 'mau'. Hayo ngaku??
Karna itulah, kemarin-kemarin saya sangat sibuk mencari-cari artikel yang berisi tips agar pengunjung mau berkomentar atau tips agar pengunjung tidak pelit untuk berkomentar. Dan memang semua tips yang saya dapatkan dari hasil pencarian saya di mbah google, bagus-bagus dan sangat membantu. Tapi, begitu saya menemukan artikel ini, pikiran saya langsung terbuka. Dan dengan sekejap saya sadar, bahwa niat awal dan yang sangat awal saat saya membuat blog sudah melenceng.
Yaa. .artikel yang dibuat oleh Mas Muslihun sudah menyadarkan saya, bahwa komentar itu sifatnya sukarela dan ikhlas. Jadi kita gak perlu pusing atau down hanya karna blog kita sepi komentar. Yang terpenting kan blog kita didatangi pengunjung, artikel kita dibaca, dan artikel tersebut bermanfaat untuk para pembacanya. Itu saja sudah cukup untuk membuat kita senang, karna ternyata 'karya ketik' kita (maksudnya artikel, hehehe) bermanfaat dan bisa membantu kawan-kawan yang sedang membutuhkan sebuah informasi.
Masalah mereka mau berkomentar ataupun tidak, itu belakangan. Yahh. . .anggap saja para pengunjung kita merupakan orang-orang yang super sibuk, jadi tidak bisa berlama-lama mampir diblog kita, apalagi memberikan sebuah komentar. Atau anggap saja para pengunjung blog kita, juga bingung ingin berkomentar apa, jadi mereka terlalu lama berpikir, lalu pada akhirnya mereka lupa ingin berkomentar apa hehehe. Intinya positif thinking aja lah, mungkin saat ini mereka memang belum bisa berkomentar aja. Ya gak?^^

Sepi ataupun rame komentar, kegiatan ngeblog kita harus tetap berjalan. Bahasa kerennya, Blogging Must Go On!! xixixi. . . .
loading...

2 comments:

  1. Betul banget, kalo berkomentar itu sifatnya sukarela. Artikel yang yang sangat lugu dan lugas, serta sangat menarik. Makanya Aq komentar Gan...

    ReplyDelete