Sunday, June 14, 2009

Kopi : Menyehatkan Atau Merugikan?

6 comments
loading...

Yah kali ini saya akan mencoba membahas tentang manfaat kopi untuk kesehatan. Dimana kita tau bahwa hal ini masih menjadi perdebatan dikalangan dokter tentunya bukan saya, hehehe :D.
Selain itu negara kita ini termasuk salah satu negara pengekspor kopi utama didunia, dan pastinya dengan mutu tinggi. Jadi gak ada salahnya kan kalo sekarang saya bahas :p
Ok. . .supaya gak bertele-tele, berikut ini beberapa manfaat kopi untuk kesehatan :
- Melawan Kegemukan
Orang yang sering minum kopi diketahui berat badannya lebih stabil selama 12 tahun dibandingkan dengan orang yang berhenti minum kopi. Hal ini telah dibuktikan atas dasar penelitian yang dilakukan oleh tim Harvard School of Public Health, Boston, AS.
So, yang berat badannya berlebih, coba deh biasakan minum kopi. Tentunya diseimbangkan dengan kadar gulanya :D

- Menambah Semangat
Minum kopi disela waktu bekerja ternyata bisa membantu kita tetap bugar dan berkonsentrasi.
Penelitian menunjukkan atlit yang mengkonsumsi minuman yang mengandung cafein karbohidrat setelah bersepeda memiliki lebih banyak glikogen (cadangan energi) dalam ototnya bila dibandingkan dengan atlit yang tidak mengkonsumsi. Glikogen dapat membantu mereka lebih cepat dalam sesi berikutnya.
Well, nanti para atlit kita suruh minum kopi aja dulu sebelum bertanding atau berkompetisi =))

- Mengurangi Resiko Penyakit
Menambah konsumsi kopi menurut penelitian The National Institute of Environmental Medicine di Swedia, bisa menghindari kita dari resiko kanker hati.
Cukup dua cangkir kopi perhari dan resiko kanker akan berkurang 43%. Studi lain menunjukkan wanita yang minum kopi, resiko terkena serangan jantung berkurang 24%. Antioksidan yang terdapat didalam kopi diduga melindungi kita dari penyakit-penyakit itu.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Nutrition menyebutkan gadis remaja yang sering minum kopi setiap hari, resiko terkena kanker payudara berkurang 40% :o. Kandungan kafein dan polipenhol dalam kopi melindungi tubuh melawan kanker payudara.
Intinya kopi tuh bisa mencegah dan menghindari kita dari bahaya penyakit kanker.

- Membantu Daya Ingat
Peneliti dari Medical University of Innsbruck, Australia, mengatakan bahwa kafein bisa mencegah berkurangnya daya ingat.
Minum secangkir kopi sebelum pertemuan penting dengan klien, mungkin perlu dicoba. Sapa tau aja daya ingat dan otak kita lebih tajam :D

- Mencairkan Suasana
Saat kita berhadapan dengan seseorang yang susah untuk diajak kerja sama, coba aja ajak dia minum secangkir kopi. Karena kafein juga mampu membuat orang lebih terbuka. Hal ini juga berdasarkan dari laporan yang diterbitkan dalam European Journal of Social Psychology. Peneliti mengungkapkan kafein merangsang fungsi kognitif, sehingga orang akan lebih terbuka dan respektif.

Liat kan, gimana bermanfaatnya secangkir kopi? So tunggu apalagi? minum kopi yuk !! :))





loading...

6 comments:

  1. luar biasa blognya..
    nyasar kemana-mana saya sblm ahirnya bisa baca dan komentar.

    salam kenal aja sob..

    ReplyDelete
  2. wadduhh...emangnya nyasar kemana dulu mas? :f
    hehe...maaf deh klo gtu, and slm knal jg :)

    ReplyDelete
  3. Saya suka kopi. Sepertinya lebih banyak untung daripada ruginya. ;)

    ReplyDelete
  4. hmmm jadi bingung nich saya,,, sebelumnya saya pernah baca artikel di koran katanya kopi bisa memicu penyakit kanker, tapi disini dapat mencegah kanker...??
    gimna tuh??

    ReplyDelete
  5. oh jadi seperti itu,,,, yang penting jangan minum kopi berlebihan saja kali ya...

    ReplyDelete
  6. saya salah seorang penikmat kopi.... selain manfaat yg disebutkan, mana tuh bahayanya, kok gak dibahas? judulnya menipu, itulah bahayanya, hehehehe....

    ReplyDelete