Thursday, June 25, 2009

Optimisasi SEO Dengan Menggunakan Meta Tags

7 comments
loading...
Wah. .wah. .jujur nih, sebenarnya saya juga belum mahir banget dengan yang namanya SEO, lah wong saya juga masih newbie, hehe :D. Tapi gak ada salahnya kan kalo saya mencoba memberikan sedikit informasi? Yah. . .hitung-hitung sekalian belajar :O
Ok. .back to topic!! Seperti yang sudah tertera pada judul artikel, kali ini saya akan membahas tentang Optimisasi SEO Blog Kita Dengan Menggunakan Meta Tags. Manfaat utamanya jelas untuk meningkatkan peringkat pencarian blog kita di mesin pencari atau search engine, terutama 3 search engine terpopuler, yaitu google, yahoo dan msn.

Sebelum membahas lebih jauh tentang penggunaan meta tags di blog kita, mungkin ada yang belum tahu apa sih meta tags itu?
Meta tags adalah kode-kode HTML yang terdapat pada sebuah header suatu website, yang merupakan cara untuk menyampaikan informasi penting ke search engine (mesin pencari) mengenai informasi suatu halaman.
Ada banyak meta tags yang sesuai dengan HTML 4.0 dari World Wide Web Consortion. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul di halaman posting sehingga pengunjung biasa tidak bisa melihat di browsernya. Hanya robot seperti googleboot saja yang mampu membacanya.
Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula, namun secara umum semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai halaman sebuah situs kepada robot mesin pencari.
Ada 3 meta tags yang harus kita gunakan/sisipkan pada template blog kita, karena ketiga tags ini penting dan sangat membantu bagi mesin pencari. Ketiga meta tags itu adalah :
1. Description
2. Keywords
3. Robots
Berikut ini penjelasan dan contohnya.

Meta Tag Description
Meta tag Description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web kita.
Jumlah karakternya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman webpage yang bersangkutan.
Menurut kabar, description tag ini rutin dipakai search engine sebagai deskripsi website kita saat tampil pada SERP (Search Engine Result Page), hasil query kita ditampilkan.
Bingung ya? :p
Nih kita ambil contoh, bila seseorang mencari nama domain blog saya numb3rblog.blogspot.com di google, maka google akan menunjukkannya dengan deskripsi yang saya gunakan pada meta tag description ini. Dan itulah yang akan dilihat oleh si pencari tadi.
Contoh penulisan meta tag description :
<meta name='description' content='IndobiZLine Berisi tentang tips-tips berbisnis online, tips blogging dan berita terbaru'/>

Meta Tag Keywords
Meta tag keywords sangat penting keberadaannya, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menentukan halaman web tersebut pada search engine.
Bila kita menulis artikel yang menyangkut subjek tertentu, kita akan menyadari kalo ada kata-kata tertentu sering muncul pada artikel blog kita. Kata-kata populer inilah yang sebaiknya dimasukkan pada keyword tersebut.
Berikut ini sintak tag dasar dari meta tag keyword :
<meta name='keywords' content='keyword1 keyword2 keyword3....'/>
Atau ada juga yang memisahkannya dengan tanda koma :
<meta name='keywords' content='keyword1,keyword2,keyword3,....'/>
Fungsi keduanya sama, dan tidak berpengaruh pada search engine. Tujuan pemakaian tanda koma, agar keyword-keyword tersebut mudah dibaca.
Yang harus diperhatikan adalah jangan mengulang suatu kata lebih dari 3 kali, karena akan dianggap spamming.
Berikut ini contoh penulisan meta tag keywords yang salah :
<meta name='keywords' content='bisnis, bisnis online, info bisnis, peluang bisnis, tips blogger'/>
Bisa kita lihat diatas, bahwa kata 'bisnis' diulang lebih dari 3 kali. Contoh berikut ini tidak akan dianggap spamming oleh search engine :
<meta name='keywords' content='bisnis online, peluang bisnis, tips bisnis, berita terbaru'/>
Dan yang paling penting adalah, jangan menggunakan keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web kita. Karena hal ini juga akan dianggap spamming oleh search engine. Contoh, misalkan web kalian memuat informasi tentang bisnis online, jangan sekali-sekali menambahkan 'manohara' atau 'cici paramida' :O sebagai keyword, alasannya karena keyword ini merupakan keyword favorit dan dicari banyak orang di internet :r :r

Meta Tag Robots
Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web mana yang bisa di index oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Aneh sih, tapi memang ada sebagian orang yang tidak ingin salah satu halaman webnya di index oleh mesin pencari.
Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :
<meta name='robots' content='index | noindex | follow | nofollow'/>
Sebagai contoh, jika kita ingin agar spider membaca mainpage dan menelusuri semua link yang ada, maka tambahkan perintah berikut ini :
<meta name='robots' content='index follow'/>
Dengan perintah diatas, spider akan mengindeks mainpage dan akan menjadwalkan untuk mengindeks halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink.
Sedangkan tag berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak mengindex maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.
<meta name='robots' content='noindex nofollow'/>

Nah, udah agak paham kan sekarang? :D
Untuk memasang meta tags tersebut di blogger, caranya begini :
1. Login di blogger
2. Klik tata letak>edit HTML
3. Backup dulu data-datanya
4. Centang bagian expansion widget
5. Cari kode berikut :
<title><data:blog.pageTitle/></title>, kalo udah ketemu copy kode berikut dan paste/letakkan dibawah kode tadi.




*Ganti tulisan Tulis deskripsi blogmu disini dan keyword1, keyword2, dst... sesuai dengan deskripsi blog kalian.
Kode di atas juga bisa kalian taruh dibawah kode <head>

6. Simpan

Hehe. .selesai deh. Mohon kalo ada yang salah, langsung dibenarkan. Atau kalo ada yang kurang silahkan tambahkan disini :)

loading...

7 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya yang sangat mencerahkan.
    Sebetulnya ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan pluggin (kalo di Wordpress) All-in-one-SEO. Jadi tidak perlu menggunakan kode HTML segala.
    Tapi, info ini tetap menarik dan bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. thanks atas informasinya.. sangat berguna..

    ReplyDelete
  3. Sip infonya sobat. Mohon di dukung kontes SEO NegeriAds.com ya dengan berkomentar! Thanks!

    ReplyDelete
  4. thx infonya berguna bgt nih,, saya baru memulai blogging

    ReplyDelete