Thursday, June 18, 2009

Ponsel Terbaru Dari Nokia, Tanpa Charger

0 comments
loading...

Gambar diambil dari detikInet.com

Berbagai usaha dilakukan oleh vendor teknologi untuk menciptakan perusahaan yang ramah lingkungan, Nokia salah satunya yang sedang merintis teknologi daya listrik telepon selular (ponsel). Produsen ponsel terbesar didunia itu mengembangkan pengisian daya ponsel dengan memanfaatkan gelombang radio yang tersebar diudara.
Ponsel tanpa charger, desain kemasan Nokia N79 Eco juga bisa lebih diperkecil untuk meminimalisir penggunaan material.
Produk N79 Eco adalah usaha trial Nokia untuk menghemat energi dan menurunkan level sampah. Untuk tiap unit yang terjual, Nokia juga berjanji mendonasikan 4 poundsterling pada lembaga lingkungan WWF.

Selama ini sistem pengisian ulang tanpa kabel yang umum adalah menggunakan transmitter dan receiver. Tapi teknologi versi Nokia agak unik. Teknologi ini mampu mengambil gelombang yang dilepaskan beberapa perangkat elektronik seperti televisi dan radio diudara.
Tapi sayang, teknologi Nokia ini belum bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih besar, seperti menerangi rumah atau kantor. Tapi setidaknya teknologi ini cukup untuk membuat telepon tetap hidup.
Hingga kini, hasil penelitian Nokia baru mampu menuai daya sebesar 5 miliwatt. Kedepannya ditargetkan daya sebesar 20 sampai dengan 50 miliwatt. Dan Nokia mengharapkan teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk 3 sampai 5 tahun kedepan.
Semoga aja harapan dari Nokia terkabul, jadi nantinya teknologi akan lebih ramah lingkungan :)

Sumber : DetikInet.com dan Liputan6.com
loading...

No comments:

Post a Comment