Saturday, June 06, 2009

Program Paid to Review

16 comments
loading...
Berhubung bulan lalu saya baru membahas tentang Program Paid to Click (PTC), maka kali ini giliran Program Paid to Review (PTR) yang akan saya bahas.
Sebenarnya ini murni bukan hasil dari penjelasan saya, tapi saya hanya mengcopast dari salah satu artikelnya Mas Hakim, dan mungkin ada sedikit yang akan saya edit. Tapi jika kalian mau melihat artikel aslinya, kalian bisa langsung melihatnya disana, tapi kalo menurut kalian udah 'kepalang tanggung', ya udah baca aja kelanjutan dari artikel ini, hehehe.

Apa itu Paid Review?
Paid itu sendiri artinya "dibayar" dan Review artinya "tulisan, tinjauan, timbangan buku, resensi" dengan kata lain kita (blogger) akan dibayar karena menulis atau meresensi, semacam penulis lepas atau freelance.

Apa yang direview, ditulis atau diresensi?
Yang ditulis adalah sebuah situs atau produk yang dijual oleh sebuah situs.

Jenis bahasa apa yang digunakan oleh Paid Review?
Awalnya Paid to Review hanya berputar pada situs-situs internasional oleh karena itu penggunaan bahasa inggris adalah suatu keharusan.
Namun untuk para blogger yang blognya menggunakan bahasa Indonesia (seperti saya), tidak perlu berkecil hati lagi, karena di Indonesia sudah ada beberapa Paid to Review yang menggunakan bahasa Indonesia untuk mereviewnya. Seperti Reviewmu dan AdReviewCamp.

Bagaimana Sih Cara Kerja Paid Review?
Umumnya kita selaku pemilik blog tidak bisa seenaknya menawarkan ke sejumlah pemilik situs untuk di review di blog kita atau pemilik situs langsung menawari kita untuk mereview situs/produknya, meskipun hal itu bisa aja terjadi.
Apalagi kalo kita langsung menulis review tanpa diminta, lalu kemudian meminta bayaran, bisa-bisa nanti kita kena damprat, hehe.
Cara kerja Paid Review sendiri diatur dalam FAQ yang ditetapkan oleh Broker.
Lebih mudahnya gini, kita menulis review setelah ada kesepakatan harga, antar kita selaku blogger dan pengiklan atau Advertiser dengan perantara Broker. Dalam Paid Review dikenal istilah Broker, Blogger dan Advertizer.

Broker itu Apa Sih? Terus Siapa yang Dimaksud Dengan Broker?
Broker adalah sebuah "perusahaan" Paid Review yang mempertemukan atau menghubungkan antara Blogger (PeReview) dan Advertiser (Pengiklan).
Brokerlah yang mengatur syarat-syarat penerimaan blogger dan kriteria blog yang akan terdaftar pada jaringan mereka, begitu juga dengan aturan cara penulisan review.

Siapa disini yang dimaksud Dengan Blogger
Blogger disini adalah publisher yang memiliki kesempatan mereview produk yang ditetapkan oleh Advertiser. Review yang sesuai dengan ketentuan FAQ Brokerr dan keinginan Advertiser, maka blogger akan mendapatkan sejumlah imbalan berupa uang (baik itu dollar ataupun rupiah) yang telah disetujui sebelum pembuatan review.

Apa Sih Advertiser? Dan Siapa yang dimaksud Dengan Advertiser?
Advertiser itu pengiklan atau orang yang menginginkan publikasi atas produk yang ditawarkannya, juga untuk mendapatkan backlink tambahan untuk websitenya.

Apakah Ada Kriteria Tertentu Agar Blog Kita Bisa Ikut Dalam Program Paid to Review?
Sayangnya memang ada kriteria-kriteria tertentu untuk bisa bergabung dan mendapatkan job lebih mudah dan lebih banyak. Biasanya para Broker dan Advertiser mempunyai kriteria-kriteria seperti :
- Umur blog diatas 3 bulan
- Page Rank
- Alexa Ranking, dan
- Technorati
Oleh karna itu, sebelum mengikuti paid review, maka berinvestasilah terlebih dahulu dan perkuatlah ketiga kriteria diatas (seperti yang saya lakukan saat ini :)).

Yah, itulah tadi penjelasan tentang Program Paid to Review yang saya copast (dengan melakukan pengeditan dibeberapa kata, sesuai dengan gaya tulisan saya) dari artikelnya Mas Hakim. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita yang sedang mencari informasi tentang program paid review ini.

Insya Allah nanti kalo blog saya sudah memenuhi syarat untuk mencari penghasilan melalui program ini dan saya benar-benar sudah mendapatkan hasilnya, secepatnya saya akan merekomendasikannya kepada kalian untuk kita sharing bersama-sama. Atau mungkin ada yang sudah berpengalaman dan benar-benar sudah mendapatkan hasil dari paid review ini, monggo. . .jangan ragu-ragu untuk menceritakannya kepada saya dan juga rekan blogger yang masih awam :D
loading...

16 comments:

  1. tinggal pindahin aja kode gambarnya ke sebelah atas

    ReplyDelete
  2. Pindahinnya kebagian mana ya kang? Saya lupa euy :@

    Btw, thanks kang udah sudi mampir :)

    ReplyDelete
  3. Makin mantep aja ni blog, apalagi dah mau terjun bisnis

    ReplyDelete
  4. Hadduhh. . .Mas Muslihun bisa aja nih nyindirnya :s hehehe. . . .

    Aminn deh, mudah-mudahan dalam sebulan ini saya bisa meningkatkan kualitas blog saya, agar memenuhi syarat utk mengikuti program ini.

    Thanks juga Mas Muslihun, karna sudah mau mampir diblog saya yang sederhana ini^^

    ReplyDelete
  5. Hai Martin makasih sudah mampir keblog saya dan saya sudah liat2x, menurut saya seharusnya blog ini di approve oleh Hyperwebenable, semoga sukses! Salam kenal.

    ReplyDelete
  6. Wah. . .mudah-mudahan ya Mas Abi :o
    Thanks bgt Mas Abi krn mau mengecheck blog saya :)

    ReplyDelete
  7. mas, PTR tu sangat menjanjikan, tapi dapet job rutinnya susah...

    ReplyDelete
  8. Hehe. . .saya malah belum mencoba mas @not important? *waduh*
    Maklum blog saya masih baru. Mungkin bulan depan baru bisa saya jalankan paid review ini.

    Thanks udah mau mampir di IndobiZLine :)

    ReplyDelete
  9. Gara-gara krisis global, Program PTR juga agak terganggu Mas.
    sekarang Jobnya agak susah. merekalebih selektif!
    :)

    ReplyDelete
  10. Paid to Review memang tidak ada matinya. Tapi investasinya tuh yang susah ~x(

    ReplyDelete
  11. kl aku punya blog tp Prnya nol apa bisa digunakan untuk bisnis ini,thanks infonya akan sangt membantu..Ngomong2 kl butuh pulsa lewat PP mampir saja ketoko kita dijamin pelyanan hebat dan memuaskan.Dan yg perlu dicatat nih bisa ngutang loh...

    ReplyDelete
  12. Emang prospek banget ya ikutan bisnis paid review,,,tapi saya masih belum terlalu faham tentang bisnis.Mohon penjelasannya sob..

    ReplyDelete
  13. Syarat apa aja scih bos untuk bisa ikutan bisnis paid review,salah satunya apa harus dengan domain ber PR??

    ReplyDelete
  14. Saya mau coba ikut PTR di Reviewmu dan AdReviewCamp deh... PTR yang saya ikutin baru 1 mas.. Di ReviewMe..
    Makasih mas info hebatx... :D

    ReplyDelete