Friday, June 12, 2009

Tips Efektif Untuk Mulai Membuat Blog

0 comments
loading...
Hehe. . .bingung bikin judul yang bagus, jadi terpaksa deh kayak gitu aja :D. Sebelum saya memberikan tips-tips efektif untuk mulai membuat blog (blogging), terlebih dahulu saya akan membahas alasan kenapa seseorang lebih memilih menyampaikan atau mengutarakan perasaan ataupun pendapatnya lewat blog.

Ngeblog atau blogging merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan pemikiran melalui menulis (lebih tepatnya mengetik, hehe) sebuah artikel. Dengan menulis, kita jauh lebih leluasa untuk menunjukkan atau menyatakan pemikiran kita. Masih banyak orang yang takut ataupun malu untuk menunjukkan perasaan mereka dengan berbicara atau menggunakan bahasa tubuh (gerak-gerik), dan lewat blog-lah mereka berani untuk melakukannya.
Apa yang kita pikirkan biasanya ditulis dan dipublikasikan agar dapat berbagi dan dibaca oleh orang lain. Banyak karya tulis (artikel) yang kita publikasikan dengan berbagai alasan, namun tujuan utamanya adalah untuk memberi tau. Ya kan?

Lalu apa sih sebenernya blog itu?
Blog adalah situs web berbasis jurnal, dimana orang bisa mempublikasikan ide-ide, pemikiran dan gagasan secara online.
Istilah Blog itu sendiri merupakan bentuk singkat dari Web Blog atau Web Log. Author atau pemilik blog (Blogger), menjaga serta mengupdate dengan cara menambahkan artikel yang ada kedalam blog, itulah yang disebut dengan Blogging.
Sampai sini udah ngerti kan? Hehe :D

Blog merupakan salah satu media komunikasi dan juga media massa yang paling cepat berkembang didunia saat ini. Blog sangat kuat karna memiliki kemampuan mempengaruhi Pilkada (cocok untuk dijadikan tempat kampanye, xixixi), kebijakan perusahaan, bahkan ada yang membawa dasar sebuah negara. Blog juga memiliki kekuatan untuk mengubah pikiran dan mentalitas seseorang. Intinya Blog dapat mengubah dunia.
Hehe. . .terlalu berlebihankah? Saya rasa nggak, karna semua itu memang benar.

Ok. .berikut adalah langkah-langkah yang sangat disarankan dalam membuat dan memulai sebuah blog. Hal ini sangat berguna untuk kita yang ingin berbagi pemikiran, ide dan pendapat dengan sangat efisien dan berjalan cepat.

1. Carilah situs yang menyediakan blog. Entah itu yang gratis ataupun berbayar. Tapi ada baiknya untuk percobaan kalian memulainya dengan yang gratis.
Contoh situs yang menyediakan blog gratis : Blogger (Blogspot), Wordpress, dan lain-lain.

2. Cobalah untuk mencari dan mengecheck situs blog yang menawarkan fitur paling menarik untuk kalian.

3. Sebuah blog ada yang bersifat organisasi ataupun pribadi. Kalian harus memutuskan, blog seperti apa yang akan kalian buat. Kalian juga harus memutuskan apakah kalian ingin setiap pengunjung atau pengguna internet dapat membaca blog kalian. Atau mungkin kalian hanya ingin blog kalian dibaca oleh teman, kerabat atau keluarga saja. Ada banyak situs blog yang menawarkan kemampuan untuk melindungi sandi atau kode kepada setiap artikel yang dipublikasikan, sehingga hanya mereka yang menyetujui yang dapat melihat blog dan artikel didalamnya.

4. Kalian bisa memilih tampilan blog kalian, memutuskan bagaimana blog kalian ingin terlihat. Kalian juga bisa memilih skema warna dan tata letak yang akan memuaskan kalian. Sebagian besar situs dilengkapi dengan set tata letak yang telah ditetapkan dan tema dimana kalian bisa memilihnya, atau mengeditnya sendiri.

5. Setelah selesai membuat blog, tes dengan memposting sebuah artikel. Lalu atur tata letak serta gaya yang kalian inginkan.

6. Jika kalian ingin membuat blog kalian terlihat menarik, ada beberapa situs dengan berbagai fitur untuk membuatnya terlihat lebih baik.
Seperti Blogspot :D

7. Setelah memposting artikel, serta membuat blog kalian terlihat menarik, kini kalian dapat mempublikasikan blog kalian dengan mengirimkan atau memberitahukan URL blog kepada orang-orang yang kalian inginkan agar dapat membaca blog kalian.

Jika kalian ingin agar semua pengunjung yang membaca artikel diblog kalian kembali lagi, dan menjadi pembaca yang setia, updatelah blog kalian sesering mungkin.
Cobalah untuk menjadikan pembaca sebagai motivasi kalian untuk menulis lebih banyak lagi artikel-artikel yang menarik, dengan begitu lebih banyak orang yang akan membaca artikel kalian.
Jika tidak ada seorangpun yang mengunjungi blog kalian dalam beberapa bulan pertama, janganlah berputus asa. Karna semua itu membutuhkan proses. Lagipula kita berada dalam negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar, begitu juga dengan para pengguna internetnya, maka dibutuhkan waktu agar blog kalian terlihat dan dikunjungi oleh seseorang.

Istilah-istilah aneh dan terlalu banyak singkatan dalam artikel yang kalian tulis, bisa membuat pengunjung malas untuk membacanya. Kalo kalian ingin mempunyai pembaca yang luas, jangan terlalu banyak menggunakan singkatan dan istilah aneh. Dan jangan pula menggunakan kata-kata yang tidak dapat dimengerti oleh banyak orang (ya iyalah :p).

Dalam membuat sebuah blog dibutuhkan ketulusan dan juga dedikasi. Dengan kata lain kalian ingin berbagi ide, pemikiran, pendapat dan informasi yang akan kalian tuangkan kedalam sebuah artikel, dan semua itu dapat dilihat dan dirasakan oleh para pembacanya. Itulah ciri dari seorang blogger yang tulus, karna setiap artikelnya merupakan jantung baginya.
loading...

No comments:

Post a Comment