Monday, June 01, 2009

Tips Promosi Bisnis Dengan Cara yang Gratis dan Efisien

5 comments
loading...
Mempromosikan website merupakan hal yang unik, hasil yang didapat pun berbeda-beda tergantung dari cara orang tersebut berpromosi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah kreatifitas dalam membuat kalimat untuk promosi yang dapat menarik seorang pengunjung.

Dalam melakukan promosi online hal yang perlu kita hindari adalah melakukan kegiatan SPAM, yaitu suatu kegiatan promosi kepada orang yang tidak kita kenal atau tidak meminta/menginginkannya.
Sebagai contoh :
- Mengirim email promosi secara terus menerus kepada orang yang tidak menghendaki.
- Promosi lewat milis dengan menggebu-gebu, maksudnya dalam sehari kita mensubmit iklan disalah satu milis secara terus-menerus (jauh lebih baik jika dilakukan sehari atau dua hari sekali).
- Memasang iklan kembar secara berulang-ulang.

Berikut ini akan saya berikan berbagai sarana promosi GRATIS dan efisien yang dapat kita lakukan untuk mempromosikan program bisnis kita.

Kirim Email ke Teman, Kolega, atau Saudara yang Mungkin Tertarik
Cara yang paling efektif dan sangat saya sarankan adalah dengan mengkontak rekan, kolega atau saudara kamu yang kamu yakin mereka tidak akan protes ataupun komplen bila kamu tawarkan program bisnismu (untuk mencegah kamu dikomplen sebagai SPAMER).
Ini saya berikan contoh email untuk promosi bisnis.

Buat Email Signature
Email signature adalah tulisan yang selalu tertera dibawah email yang kita kirimkan. Cara ini tetap efektif dan gratis untuk mendapatkan pengunjung bagi website kita. Bila kamu belum mengenal email signature, lihatlah ditampilan email kamu setelah login pada menu option atau ada juga yang tertera langsung tulisan email signature. Klik disana dan tuliskan mengenai website kamu.

Forum Diskusi
Joinlah di forum-forum diskusi yang terdapat isi tentang bisnis. Iklankan program bisnismu, atau jadikan signature kamu, sehingga setiap kamu memberikan komentar maka websitemu selalu ditampilkan. Masuk ke forum-forum diskusi tersebut dan cobalah memberikan komentar ataupun tanggapan sambil menyisipkan penawaran dari bisnis atau websitemu. Atau kamu juga dapat melakukan promosi di forum yang memang membolehkan mengiklankan program bisnis.

Kamu bisa liat pada postingan saya yang lain, daftar forum diskusi terpopuler.

Tawarkan ke Teman Chatting
Masuklah ke room yang memperbolehkam kamu menawarkan sesuatu, tulislah kalimat penawaran yang menarik dan warna yang mencolok. Lalu jawablah pertanyaan dan komentar yang dilontarkan oleh user lain.

Beriklan di Media Iklan Online
Untuk memperkenalkan bisnismu, salah satunya kamu bisa melakukan promosi via media iklan online/iklan baris.

Di Indonesia, milis dan iklan mini merupakan dua sarana periklanan internet yang masih bisa memberikan hasil yang menguntungkan untuk bisnis kita. Mereka memiliki jumlah pengunjung yang sangat banyak!

Misalnya : iklanbaris.co.id yang memiliki 5.000 sampai 10.000 pengunjung perhari.

Dengan memanfaatkan situs iklan seramai itu, untuk setiap pemasangan iklan, iklan kita akan memperoleh peluang dibaca oleh ribuan pengunjung situs iklan milis dan mini setiap harinya.
Namun, kita harus tau bagaimana membuat pemasangan iklan kita menjadi lebih efektif.

Seperti yang kita ketahui, pada saat kita mengirimkan iklan ke iklan mini ataupun milis, menit-menit pertama iklan tersebut akan berada pada urutan pertama. Artinya, kemungkinan iklan kita akan dibaca oleh para pengunjung iklan mini atau milis masih sangat besar.
Namun, jika ada orang lain yang memasang iklan setelah kita, maka iklan kita yang tercantum pada situs tersebut akan bergeser turun dan kedudukannya diganti oleh pemasang iklan yang lebih baru. Begitulah seterusnya.

Strateginya adalah kita harus berusaha untuk mendapatkan pemasangan iklan diurutan atas atau no.1.

Untuk daftar iklannya, kamu bisa melihatnya di daftar iklan baris terpopuler.

Beriklan di Milis (Mailing List)
Untuk menjadi anggota suatu milis, cukup dengan mendaftarkan email dan mengaktifkan keanggotaan yang mereka kirim melalui email kamu. Jika kamu bergabung ke salah satu saja darinya dan mengirim pesan kedalamnya, maka pesan iklan tersebut akan dibaca oleh ratusan bahkan ribuan member milis bersangkutan. Darisitu kamu bisa menghasilkan puluhan pengunjung.

Yang menarik adalah, jika satu milis saja bisa menghasilkan puluhan pengunjung, bagaimana jika kamu bisa memasang pesan iklanmu ke 150 milis bisnis nasional sekaligus? Berapa jumlah pengunjung kamu jadinya?

Note : Jangan berbuat SPAM, sebab milis yahoo dilindungi oleh SPAM proteksi. Berbuat SPAM di milis yahoo akan menyebabkan email kamu diblokir secara otomatis

Ok, kayaknya segitu udah cukup dah, jari udah pegel semua nih ngetik segitu panjangnya, hehehe. . . .
Semoga tips promosi bisnis dengan cara gratis ini, benar-benar efektif. :)
loading...

5 comments:

  1. kayanya promosi offline alias dari temen ke temen yang paling bagus untuk tahap awal ya

    ReplyDelete
  2. solusi berpromosi yang jitu memang .. mudah mudahan tidak dianggap spam hehe

    salam kenal

    ardian

    ReplyDelete
  3. info yang sangat bagus semoga dapat membentu promosi para pemula seperti saya, terima kasih

    ReplyDelete