Thursday, July 02, 2009

Indonesia Luncurkan Roket Terbesar

1 comments
loading...

Gambar diambil dari Okezone.com

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan uji coba peluncuran roket di Stasiun Peluncuran Roket LAPAN Cilauteureun, Pameungpeuk Garut, Jawa Barat, Kamis (2/7). Pada kesempatan itu diluncurkan tiga roket dan disaksikan langsung Menristek Prof Kusmayanto.
Roket jenis RX 420 merupakan roket terbesar yang pernah dibuat oleh Indonesia. Keunggulan lain, jarak tempuh roket mencapai 100 kilometer dengan muatan 300 kilogram serta memiliki kecepatan empat kali kecepatan suara.

Di kesempatan itu juga digelar uji coba 12 roket berjarak 50 kilometer. Jarak tersebut setara dengan jarak Batam ke Singapura :o. Menurut Ny. Eli, uji coba tersebut antara lain dimasudkan, guna mengetahui kualifikasi orbiter jenis roket RX. 420 tersebut sebagai boster pendorong satelit, setelah jenis RX. 320 diuji coba terbangkan pada tahun lalu. Sedangkan pada 2012 mendatang, diagendakan peluncuran roket empat tingkat RX.420 yang bermuatan satelit, sehingga pada momentum uji coba saat ini mendapatkan perhatian Menristek.

Rencananya, uji coba peluncuran roket akan dilanjutkan pada tahun 2010. Roket yang akan diluncurkan nanti merupakan gabungan dari RX 420-420. Selanjutnya pada 2011 Lapan akan meluncurkan roket gabungan 420-420-320 dan SOB 420. Selain itu, Lapan juga melakukan kerja sama pembuatan roket dengan beberapa lembaga lainnya juga tengah dikembangkan. Adapun roket yang tengah dikembangkan diantaranya roket penangkal petir untuk melindungi fasilitas penting, dan roket untuk membuat hujan buatan.

Wah...Wah...hebat juga euy Indonesia, semakin lama semakin kelihatan aja kemajuannya di bidang teknologi. Mudah-mudahan aja bermanfaat. Tapi mungkinkah??
loading...

1 comment: