Sunday, July 05, 2009

Nge-Blog Dengan Bidang Yang Kita Ketahui

3 comments
loading...
Hehe. . .Setelah seharian mencari ide untuk bahan artikel yang akan saya posting di blog ini, akhirnya dapet pencerahan juga :O. Yupz, kali ini saya bukan membahas tentang tips bisnis online :p, tapi mungkin tips yang ini saya tujukan untuk kita yang berprofesi sebagai blogger :D.
nge-blog dengan bidang yang kita ketahui.
Maksudnya?
Maksudnya itu membuat konten/artikel di blog kalian dengan subjek/materi yang kalian ketahui dan tentu saja kalian kuasai.
Kita mungkin sering menemukan dan membaca saran yang berhubungan dengan blogging yang mengatakan bahwa blog terbaik adalah blog yang isinya tentang apa yang diketahui oleh sipemilik blog. Ada banyak alasan serta manfaat untuk melakukan hal ini, dan sekarang akan saya coba berikan beberapa tips yang bisa kalian gunakan dari blogging dengan apa yang kalian ketahui dan mendapatkan manfaat darinya.



Jika kalian adalah seseorang yang ahli di bidang tertentu (dalam hal ini blogger), sangatlah mungkin blog yang kalian miliki akan memberikan dan menawarkan sesuatu yang lain bagi pengunjung/pembaca blog yang tidak mereka temukan di blog-blog lain yang mereka kunjungi. Hal ini bisa termasuk saran khusus untuk para pembaca yang memerlukan bantuan/panduan mengenai sesuatu. Saat kalian menguasai suatu topik, lalu kalian posting di blog, pengunjung tentu akan mengetahui hal ini dan dengan segera kalian bisa membangun konten informatif yang membuat pengunjung percaya dengan artikel yang kalian buat. Inilah yang menjaga pengunjung untuk datang lagi ke blog kalian.

Nge-blog dengan apa yang kita ketahui memang tidak mudah kedengarannya untuk pertama kali, karna membutuhkan usaha untuk mengenali apa sih sebenarnya yang kita ketahui? Bingung ya? Sama klo gitu :r :r
Lumayan sulit memang untuk menyadari bahwa kita benar-benar memiliki kemampuan khusus dalam bidang tertentu. Mungkin kalian akan gelisah serta penasaran dengan reaksi dari pengunjung blog, dan kalian cemas saat berpikir kalian mengetahui sesuatu tapi ternyata malah sebaliknya. Ingat, yang terpenting adalah tidak usah cemas ataupun khawatir. Jika kalian menguasai suatu topik dengan cukup baik, biasanya kalian dengan mudahnya bisa menuntun pengunjung/pembaca yang kurang paham dengan topik tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika kalian tidak yakin dengan apa yang kalian ketahui, jujur dan beritahukanlah pada pengunjung bahwa kalian memang tidak ahli dalam bidang tersebut.
Blog bersifat pribadi dan tidak ada aturan, so. .selama itu jujur, kalian akan baik-baik aja.

Apapun alasan kalian saat mulai membuat blog, prinsip menulis dengan apa yang kita ketahui merupakan pendapat yang benar. Banyak orang mulai membuat blog untuk berbisnis dan mendapatkan uang, namun akhirnya gagal setelah beberapa bulan. Untuk satu alasan blogging atau nge-blog menjadi sangat membosankan jika kita menulis sesuatu yang bahkan kita sendiri tidak tertarik dengannya. Hal ini akan berefek pada daya tarik pengunjung, karna pengunjung akan menyadari bahwa kita tidak tertarik dengan apa yang telah kita tulis. Mereka (pengunjung) tentu saja tidak akan kembali lagi ke blog kalian untuk mencari panduan atau tips-tips dari kalian, karna mereka tahu bahwa kita sendiri tidak bisa membuktikannya.

Nge-blog dengan apa yang kita ketahui tidak hanya membuat artikel di blog kita lebih informatif dan menarik, namun juga memberikan kita sesuatu yang lebih luas dan leluasa untuk memilih suatu topik yang akan kita posting. Jika kita tahu banyak tentang topik tertentu, maka kemungkinan kita bisa menempatkan topik tersebut secara bersamaan dan menjaga blog kita menjadi lebih baik tanpa harus bingung mencari topik baru untuk ditulis setiap harinya. Menulis topik yang kita tidak tahu apa-apa tentang topik tersebut, akan membuat kita sulit untuk mempertahankan ide agar tetap datang.
Oh iya, saya bukannya gak ada ide loh kemarin-kemarin, tapi lagi bingung enaknya bahas apa dulu :O :O.

Inilah alasan utama mengapa kita harus mencoba nge-blog dengan apa yang kita ketahui. Bukan hanya membuat blog menjadi lebih baik, tetapi juga akan lebih menyenangkan untuk kita membuat artikel di blog milik kita.
Apakah kalian nge-blog hanya semata untuk bisnis atau juga untuk kesenangan?
Kesenangan merupakan sesuatu yang harus menjadi bagian integral dari proses blogging.
Semoga Bermanfaat :)

loading...

3 comments:

  1. betul banget tuh gan kata org ilmu tuh jendela dunia .. dah berjam2 nih saya nongkrong disini baca2 krn tips blog, bisnis online n dofollownya ok banget..

    ReplyDelete
  2. sipp..........dech gan saya buat blog yang sesuai dengan keakhlian saya

    ReplyDelete
  3. betul bgt.... klo bukan bidang pasti bingung mo nulis apa...bisa2 malah copypaste web lain.... :(

    ReplyDelete