Friday, July 17, 2009

Program Paid Per Click (PPC)

8 comments
loading...


Hehehe. .Akhirnya bisa bikin artikel baru lagi setelah sekitar 4 hari saya sedang tidak enak badan. Yah walaupun kepala masih sedikit pusing tapi kegiatan blogging harus tetap lanjut supaya blog ini tetap update :).
Oke cukup pembukanya, tips bisnis online kali ini akan saya bahas mengenai Program Paid Per Click (PPC), dimana program bisnis online yang satu ini sudah banyak sekali di gandrungi oleh para blogger :p, baik itu blogger luar ataupun Indonesia. Mumpung lagi inget yuk kita mulai penjelasannya :

Apa itu PPC?
PPC adalah suatu metode atau program periklanan di dunia internet yang membayar pemilik blog/situs setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung terhadap link iklan yang terpasang pada blog/situsnya.
Jadi dengan kata lain kita dibayar saat ada iklan diblog kita yang di klik oleh pengunjung.

Seperti program-program bisnis online yang lain, PPC juga melibatkan dua belah pihak. Yang pertama adalah publisher (penyedia ruang untuk iklan/penayang iklan), dan yang satunya lagi adalah advertiser (pemasang iklan). Berikut ini penjelasannya :

Publisher adalah pihak yang menerbitkan atau menayangkan iklan.
Publisher menyediakan blog/situs untuk tempat memasang iklan. Iklan PPC ini diambil dari situs penyedia jasa PPC, dengan cara mengambil kode iklan (berupa script), kemudian dipasang di blog/situs yang ingin menjadi publisher.
Apabila iklan di blog/situs tadi ada yang meng-klik, maka owner blog/situs itu dibayar oleh penyedia jasa PPC, yang perhitungannya berdasarkan jumlah klik. Besarnya bayaran perklik ini bervariasi tergantung penyedia jasa PPC, ada yang membayar sesuai dengan prosentase dan ada juga yang membayar dengan harga tetap.

Advertiser adalah pihak yang memasang iklan. Advertiser ini yang membayar penyedia jasa PPC atas iklan yang dipasangnya. Advertiser akan membayar jika ada iklannya yang di klik. Biaya iklan didasarkan atas per-klik yang besarnya bervariasi tergantung penawaran. Semakin besar harga penawaran per-klik, semakin besar peluang iklannya muncul. Tetapi ada juga harga per-klik yang tetap, misalnya Rp.500 per-klik.
Untuk memasang iklan di PPC, advertiser harus membayar terlebih dahulu, atau investasi terlebih dahulu dengan jumlah tertentu. Jumlah investasi ini akan berkurang jika iklan-nya ada yang meng-klik. Makin banyak klik maka investasinya pun semakin sedikit. Tapi sepadan dengan hasil yang didapat :).

Ada berbagai macam situs yang menyediakan jasa PPC, baik itu dari luar ataupun lokal.
Contoh situs PPC luar yang sangat terkenal adalah google adsense, kemudian adbrite, chitika, bidvertiser, dan lain sebagainya.
Sedangkan yang lokal yaitu, kliksaya, kumpulblogger, adsensecamp, ppcindonesia, bindit, dan lain-lain.

Gimana? Sampai sini sudah sedikit mengerti kan tentang program PPC? Kalo belum ya kebangetan :p.
Nanti Insya Allah di artikel-artikel selanjutnya akan saya bahas kelebihan dan kelemahan dari beberapa situs PPC lokal yang saya ikuti, pastinya bahas satu-satu biar lebih mudah :D

loading...

8 comments:

  1. @siais : hampir sama kok, bedanya kalo di PPC kita harus pny web/blog utk penempatan iklan tsb. Kalo PTC kan nggak :p
    Tapi tetep, dua2nya dpt bayaran dari klik hehehe. . . .

    ReplyDelete
  2. Lagi nyoba PPC mas... Thanks buat pencerahannya.

    ReplyDelete
  3. @bang del : :? Gak salah nih bang?

    ReplyDelete
  4. sedap ditunggu artikel ppc nyaa ..
    ppc bisa dibilang gampang2 susah .. gampangnya cara dapet duitnya .. susahnya cari trafficnya buahahhah ..

    ReplyDelete
  5. @plugin : xexexe. . . .ada lagi yg lebih susah, bikin blogger2 yg udah paham ppc mau utk mengklik iklan di blog kita :))

    ReplyDelete
  6. Nice share! sobat di runggu artikelnya ttg! kelebihan dan kekurangan dari program ini!Kabarin ya sobat salam kenal

    ReplyDelete