Wednesday, August 26, 2009

Menjaring Rupiah Di Kumpulblogger

30 comments
loading...


menjaring rupiah di kumpulblogger Seperti yang sudah saya janjikan pada artikel saya yang terdahulu tentang Program Paid Per Click (PPC), dimana saya berjanji untuk membahas satu-persatu broker PPC yang saya ikuti, mulai dari kelebihan sampai dengan kekurangannya. Dan Kumpulblogger yang pertama saya pilih untuk dibahas di blog bisnis online ini.

Hampir disemua blog berbahasa Indonesia yang saya temui menggunakan broker PPC lokal yang satu ini untuk menayangkan iklan diblognya. Jadi saya rasa kalian pasti sudah tahu tata cara dan aturan main yang dijalankan di Kumpulblogger. Bahkan mungkin kalian mempunyai alasan serta pendapat masing-masing kenapa memilih menjadi publisher dan mencoba menjaring rupiah lewat Kumpulblogger, ya kan? :p. Dan kali ini saya juga akan mencoba memberikan pendapat tentang broker PPC lokal yang lumayan terkenal ini berdasarkan sudut pandang saya. Mau tahu nggak pendapatnya newbie yang satu ini? Yuk simak lanjutannya :

Berikut ini beberapa kelebihan dari Kumpulblogger yang membuat saya memilih jasanya untuk menayangkan iklan dari para advertiser :

1. Syarat untuk bergabung mudah, sangat cocok untuk blog yang belum terlalu ramai (seperti blog bisnis online ini),

2. Pendapatan per-kliknya lumayan, walaupun tidak terlalu besar juga :p (iklan teks = Rp.300, iklan mini banner Rp.350),

3. Minimal Payout atau penarikan dana tidak terlalu besar, yaitu Rp.10.000 via BCA, dan Rp.50.000 via bank lain,

4. Script iklan dari kumpulblogger tidak terlalu memberatkan page atau menyulitkan loading suatu halaman blog yang memasang script iklan kumpulblogger ini,

5. Memberikan pilihan tampilan iklan yang bermacam-macam (horizontal, vertikal, button, hanya judul saja, dan lain-lain), dan terakhir

6. Lumayan banyak advertiser yang memasang iklan disana, sehingga pengunjung blog kita tidak bosan karena harus melihat iklan-iklan yang hanya itu-itu saja :p.

Itu baru kelebihannya, berikut ini kekurangan-kekurangan yang saya lihat, temui dan rasakan yang terdapat di Kumpulblogger :

1. Lambat dan Kurang Responsif.
Ini berdasarkan pengalaman saya saat pertama kali mendaftar dulu. Saya terpaksa menunggu sekitar 1 bulan lebih untuk menerima keterangan bahwa saya sudah diterima menjadi publisher lewat email. Awalnya saya pikir tidak diterima, jadi terpaksa saya mendaftar lagi berkali-kali, akhirnya saya menerima balasan flood email di kotak masuk dari kumpulblogger, hehehe.
Saya juga kurang mengerti, entah saat saya mendaftar. . .kumpulblogger sedang maintenance, atau memang admin beserta tim kumpulblogger sedang sibuk saat itu. Tapi yang jelas, ini membuat saya 'agak ragu' dengan broker PPC lokal ini. But, sekarang sepertinya sudah tidak lagi, karena sahabat-sahabat saya sudah banyak yang memberikan keterangan, bahwa proses pendaftaran sampai penerimaan keanggotaan di Kumpulblogger tidak sulit seperti yang saya alami dulu.

Kenapa saya katakan kurang responsif?
Sudah hampir (atau lebih ya? Lupa :D) seminggu ini, saya mengirimkan pertanyaan perihal payout atau penarikan dana via email kepada admin kumpulblogger, tapi sampai dengan sekarang belum ada sama sekali email balasan dari mereka. Yah. . .Setidak-tidaknya ada email autoresponder gitu, tapi ini tidak ada sama sekali.

2. Pengaturan Background Warna Iklan Kurang Lengkap.
Tidak seperti di broker-broker PPC lain, untuk pengaturan warna atau background iklan di Kumpulblogger, kita kurang leluasa untuk memilih dan menyetting warna iklan yang benar-benar sesuai dengan tema atau background yang ada di blog kita. Memang disana sudah disediakan bermacam-macam tampilan warna iklan untuk kita pilih, tapi tetap saja tidak semua tema warna iklan yang telah disediakan sesuai dengan background di blog kita. Jadi terkesan kurang profesional karena kita tidak bisa menyetting dan memilih warna background iklan yang akan kita tampilkan.

3. Iklan Yang Ditampilkan Terlalu Banyak.
Loh kok?
Hehe. . .sabar dulu dong. Tadi kan saya sudah jelaskan, bahwa salah satu kelebihan Kumpulblogger yaitu iklannya banyak. Tapi sayangnya, iklan yang harus tampil di blog kita pun terlalu banyak, jadi lumayan memakan banyak tempat, hehe. Walaupun tampilan atau style yang disediakan bermacam-macam (baik itu button, hanya judul, dan lain-lain), tetap saja iklan yang tampil keroyokan, xixixi.

*UPDATE*
4. Iklan-Iklan Yang tampil Terlalu Lebay
Hehe. . .Kalian juga pasti mempunyai pendapat yang sama dengan saya tentang ini bukan? :p. Iklan-iklan yang berasal dari advertiser di Kumpulblogger cenderung melebih-lebihkan, bahkan ada beberapa yang menipu atau SCAM. Ya...betul memang yang namanya iklan pasti harus semenarik dan se-WAH mungkin untuk menarik pengunjung ataupun calon pembeli. Tapi, advertiser yang memasang iklan di Kumpulblogger rata-rata banyak yang menjurus ke arah penipuan.

5. Tidak Ada Peng-kategorian Iklan
Memang di Kumpulblogger iklannya lumayan banyak, tapi sayang kita (publisher) tidak bisa memilih dan menolak iklan mana saja yang ingin kita tampilkan yang sesuai dengan tema yang ada di blog kita. Lebih bagus lagi kalau iklan yang tampil, secara otomatis akan disesuaikan dengan tema yang diusung masing-masing publisher di blognya.

Well. . .itulah tadi beberapa pendapat dari seorang newbie yang sedang belajar berbisnis online ini, yang mencoba mengemukakan pendapat tentang kelebihan dan kekurangan menjadi publisher di Kumpulblogger. Mohon maaf kalau pendapat saya ini tidak benar atau ada yang terkesan sok tahu. Tapi overall, dari semua PPC lokal yang saya ikuti, Kumpulblogger merupakan favorite saya :D. Andaikan pihak atau admin kumpulblogger bisa lebih responsif terhadap saran, kritikan serta pertanyaan yang berasal dari membernya (baik itu publisher ataupun advertiser), pasti PPC lokal yang satu ini peminatnya makin bertambah. Dan saran saya untuk para advertiser yang beriklan di Kumpulblogger, mohon sekiranya jangan terlalu melebih-lebihkan ataupun memasang iklan yang ternyata penipuan. Lah, terserah gue dong, duit-duit gue, gue mau pasang iklan apapun, apa urusannya sama loe?. Hehe. . .pokoknya saya hanya memberikan saran, kritikan dan juga pendapat, mau diterima syukur...nggak ya kebangetan =)) =)).
Yo wess lah, yang belum bergabung di Kumpulblogger, monggo KLIK INI.
loading...

30 comments:

  1. He....padahal lagi serius2nya mbaca...eh...bersambung...
    ditunggu deh mas sambunganya...:D

    ReplyDelete
  2. Beberapa tema-nya juga gak ngefek, o iya karena kebanyakan iklan yg tampil aq jd males masang yg textlinknya karna aq bingung mau taruhmana la wong gak porposional dengan komposisi blogku apa masukin iframe aja ya? tp ntar yg via opmin jd gak kliatan juga -bingung-

    ReplyDelete
  3. @kuadranbisnis : hehe. . .sabar ya mas, nanti deh stlh tarawih saya update lg :))

    @ramuni : ya itu dy yg gw mksd diatas. Kalo pengunjung blogmu lbh bnyk yg menggunakan opmin, mending gak usah ram, xexexe :D

    ReplyDelete
  4. benar e PTC di kumpulblogger lebih menjanjikan, soalnya diantara semua iklan yg aku pasang kumpulblogger yg paling banyak di klik. dan kalau soal background kumpulblogger memang iya juga warnanya terbatas..........

    ReplyDelete
  5. Blog Aku belum ada Iklan PPC nya, aku mau daftar lewat Anda Ya?

    ReplyDelete
  6. @ramlan : kalo mslh itu tergantung pintar2nya kita menempatkan iklan pada posisi yg strategis diblog kita :D

    @stop dreaming : silakan sob. . .gak ada paksaan kok :)

    ReplyDelete
  7. emang kalo untuk urusan ppc lokal
    kumpulblogger merupaka yang paling populer saat ini jadi ya apa salahnya bergabung
    semoga sukses kawan ;)

    ReplyDelete
  8. Populer dikalangan blog yg belum terlalu ramai. Masih ada Kliksaya yg popularitasnya melebih kumpulblogger sob. Tp ya itu, hny blog2 kelas kakap yg bisa join disana, hehe. . .

    Thanks sob :)

    ReplyDelete
  9. "klik saya" kemarin malah ngak susah eh daftarnya bro Martin. yang aku ngak ngerti itu yang indofad, blog aku di kadalin tuh bro :)

    ReplyDelete
  10. Mksd saya blog yg bisa join di klik saya hanya blog yg pageviewnya min.10b perbulannya. Ya. . .klo cm gabung sih emang gampang ram, tp blm tentu blognya diterima, hehehe. . . .

    ReplyDelete
  11. dah pernah PO kliksaya belum kang??
    kok malah lebih mudah kumpulblogger yah???

    ReplyDelete
  12. makasih kang infonya,tapi agak kurang detail postingannya,

    ReplyDelete
  13. mas, penghasilan ku dari kumpulblogger masih jauh dari harapan, gimana ya.

    ReplyDelete
  14. aduhhhh cuantique nya blog si abang ini, jadi iri... bang yang laen tukeran link, kalo saya ama abang berani tukeran blog... yakin seratus persen.
    hehehehe...
    (enak aja luh ngomong... emang gw bodoh x( )
    kwkwkwkwkwk jadi malu, sebelum direplay udah di jawab duluan ama yang comment.. hik hik hik
    btw, sekalian saya titip makalah... siapa tau aja bermanfaat buat pendatang yang laen nya. silakan dibaca dan direnungkan... (kata ust.jefri loh)
    makasih ya bang.. salam hangat hangat kuku

    http://cikopotrans.blogspot.com/2010/08/orang-yahudi-lebih-pintar-betulkah.html

    ReplyDelete
  15. Ikan PPC Kumpulblogger juga saya pasang di blog, karena syaratnya tidak macam2, dan sudah pernah membayar saya.

    ReplyDelete
  16. Saya juga ikutan Kumpulblogger. Lumayan agak lama pembayarannya. Tapi ya buat saya yang penting dibayar dan ga nipu.
    Emang betul sih ga ada pengkategorian iklan. Akibatnya malah muncul iklan yang rada2 dewasa dikit dan ga sesuai dengan konten blog kita. :(

    ReplyDelete
  17. kumpul blogger emang paling bagus ya kayanya sbg ptc di indo, syaratny juga agak ebih ringan, tapi saya dah pensiunan main ptc :D, buat yang masih jalanin semangat ya maju terus

    ReplyDelete
  18. Informasi yang harus dicoba sendiri supaya terbukti, membaca saja tidak ada gunanya, thanks for shared

    ReplyDelete
  19. saya pernah nyoba ppc kaya gitu gan tapi kok susah yah kalo trafficnya ga kenceng.. sebulan dpt 9 ribu doang heheh.. btw ada tips ga gan tuk memaksimalkan main ppc

    ReplyDelete
  20. Berita ini saya peruntukan hanya bagi anda yang sedang benar-benar mengalami kesulitan ekonomi, sedang dililit hutang, erlu modal usaha, perlu dana mendesak dan lain sebagainya.
    Berdasarkan Pengalaman Pribadi saya.

    ReplyDelete
  21. lumayan lho klo blonya bener2 bagus ane sudah membuktikanya

    ReplyDelete
  22. Ane udah pernah,, tapi gagal sob,,, sekarang ane lagi konsen ke afiliasi amazon,,,

    ReplyDelete
  23. pengalaman dengan KB akun saya di bended 2 kali tanpa sebab yang jelas, saya hubungi mas kukuh sebagai penglolanya belum pernah mendapat jawaban, akhirnya beralih pada ppc yang lain, btw sharingnya mantap. terimakasih

    ReplyDelete
  24. spt'a dlm ppc alexa rank sgt diperhitungkan.sdgkan blog sy br bikin 1 mggu yg lalu.. :-(

    ReplyDelete
  25. nah ini baru artikel yang bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  26. wah terimakasih, harus di coba nih.

    ReplyDelete