Friday, August 07, 2009

WS.Rendra "Sang Penyair" Meninggal

2 comments
loading...


WS Rendra Meninggal Setelah sempat sakit-sakitan, akhirnya WS.Rendra "sang penyair" meninggal dunia. Budayawan dan penyair ternama yang juga dijuluki "Si Burung Merak" meninggal dunia dalam usia 74 tahun, pada Kamis malam (6/8/09) pukul 20.30 WIB.

WS.Rendra yang lahir di Solo 7 November 1935, meninggal di kediaman putrinya, Clara Shinta, Kompleks Perumahan Pesona Kayangan Depok. Beliau sempat disuapi bubur dan diberi minum oleh Clara, anaknya.
Clara yang juga dikenal sebagai artis sinetron itu menuturkan, ayahnya, WS.Rendra, memang tengah mengalami sakit komplikasi dan sempat dirawat di rumah sakit. Gara-gara sakit itulah, Rendra tidak bisa menghadiri prosesi pemakaman sahabat karibnya, Mbah Surip, di Makam Bengkel Teater miliknya, selasa (4/8/09) lalu.

Seperti yang dituturkan oleh anaknya, penyair bersuara serak ini sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading. Rendra masuk rumah sakit akibat jantung koroner yang dia alami. Tapi sebelumnya, sang penyair WS.Rendra, sempat dirawat di RS Cinere sejak Kamis, 25 Juni. Namun karena kondisinya tidak juga membaik, Rendra lantas dirujuk ke RS Harapan Kita, barulah setelah itu dirujuk lagi ke RS Mitra Keluarga.

WS.Rendra sebenarnya sudah meninggalkan rumah sakit hanya beberapa saat setelah Mbah Surip meninggal dunia. Rendra bahkan sempat mengizinkan Mbah Surip dimakamkan di Komplek Pemakaman Bengkel Teater di Citayam, Depok.
Willibrordus Surendra Broto Rendra lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935. Ia mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta pada tahun 1967. Pada perkembangannya, Bengkel Teater di pindahkan Rendra di Depok.

Satu lagi Seniman legendaris di Indonesia meninggalkan kita. Belum habis rasa duka cita kita atas meninggalnya Mbah Surip si Pelantun lagu Tak Gendong, kini Indonesia juga telah kehilangan penyair ternama WS.Rendra.
Semoga masing-masing keluarga diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh Allah SWT.
Selamat tinggal Mbah Surip, Selamat Jalan WS.Rendra, kalian akan selalu menjadi legenda dihati kami.

Sumber : Detiknews.com, Surya Online
loading...

2 comments:

  1. sepertinya dunia seni Indonesia terus dirundung duka, setelah Mbah Surip menyusul WS Rendra.....

    ReplyDelete
  2. selamat jalan wahai Pujangga Besar Bangsa

    ReplyDelete