Wednesday, September 02, 2009

Gempa Tektonik Di Tasikmalaya Guncang Jakarta Dan Sekitarnya

23 comments
loading...



Gempa Tektonik Di Tasikmalaya Guncang Jakarta Dan Sekitarnya Hari ini, Rabu, 02 September 2009, sekitar pukul 15.00 WIB, gempa tektonik berkekuatan 7,3 Skala Richter yang berpusat di 142 Kilometer barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, mengguncang sejumlah wilayah di Indonesia, getarannya juga terasa hingga Jakarta dan sekitarnya.

Durasi gempa sekitar 35 detik itu juga dirasakan di Bandung dan Yogyakarta. Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika, gempa ini berpotensi tsunami karena kedalaman gempa 32 kilometer.
============

"Astaghfirullahal'azim" kalimat tersebut yang pertama kali terucap dimulut saya saat gempa tektonik berkekuatan 7,3SR yang berasal dari Tasikmalaya tersebut juga mengguncang rumah saya, tepatnya di Bekasi Timur, Jawa Barat.

Kebetulan saat gempa terjadi saya sedang tiduran dikamar sambil menonton tv, saat asyik-asyiknya menonton, tiba-tiba saja saya merasakan badan saya seperti digoyang-goyang, kontan saya langsung duduk dan memperhatikan benda-benda yang berada dikamar saya tersebut. Mata saya langsung tertuju ke cermin yang menempel didinding kamar yang juga bergoyang-goyang seperti yang tadi saya rasakan. Saya langsung bangun dan menuju keluar rumah untuk memastikan apakah tetangga yang lain juga merasakan gempa ini. Saat hendak berjalan keluar rumah, saya juga sempat memperhatikan ember berisi air yang berada didapur, "Innalillahi". . .jantung saya langsung berdegub kencang saat melihat ember tersebut bergetar hebat, jelas sekali dengan berkecamuknya air didalamnya. "Ya Allah, lindungi dan selamatkanlah kami Ya Allah", terus-menerus saya ucapkan kata-kata tersebut didalam hati untuk meminta perlindungan pada Sang Ilahi.

Didepan rumah saya lihat sudah banyak orang yang berkumpul dan sibuk dengan kepanikannya masing-masing. Selang beberapa menit kemudian, setelah saya yakin bahwa guncangan akibat gempa tersebut sudah menghilang saya putuskan untuk masuk kembali kedalam rumah untuk mencari informasi tentang gempa tektonik ini di televisi. Dan Alhamdulillah, terakhir saya melihat dan membaca berita seputar gempa di Tasikmalaya, ternyata gempa bumi yang katanya berpotensi tsunami ini tidak melanda warga di Tasikmalaya. Hanya gelombang sebesar 1 meter saja yg sempat terlihat di pantai selatan.

Mudah-mudahan musibah gempa ini tidak memakan korban jiwa, baik itu didaerah pusat gempa (Tasikmalaya) maupun daerah-daerah disekitarnya. Syukur Alhamdulillah didaerah rumah saya tidak ada yang mengalami kerusakan parah.
Mungkin kalian juga mengalami gempa tektonik ini? Ada yang bisa menceritakan keadaan warga serta daerah tempat kalian tinggal?
loading...

23 comments:

  1. kejadian yang tiba2 dan mengejutkan banyak orang......

    ReplyDelete
  2. gempa menggemparkan jawa. wow, mengerikan..
    kita cuman bisa berserah sama yang di Atas dan berdoa. jadi jangan dibuat tegang

    ReplyDelete
  3. Sepertinya kita memang di takdirkan menjadi tempat rawan gempa....
    Atau mungkin memang Tuhan meminta kita kembali ke jalan yang benar....
    Kembali ke tempat menjunjung tinggi ajaran Illahiyah...
    Tuhan sayang kita kok...

    ReplyDelete
  4. @ramlan : yah. .begitulah sob

    @vry_yeuh : maunya sih santai, tp mw gmn, wong namanya jg musibah yg tiba2 :D

    @potensiinternet : wah. .kalo mslh itu saya kurang paham jg sob, bisa iya. .dan jg tdk.
    Mungkin memang benar, ini suatu teguran, tp entah lah sob. . .mungkin jg Allah sedang memberikan ujian kepada hambanya yang beriman. Wallahu'alam. .

    Benar sekali, Allah memang sangat cinta pada hamba-hambaNYA yang bertakwa. Mudah-mudahan kita termasuk didalamnya. AMIN

    ReplyDelete
  5. Di Bandung, saya ada di lantai 9 sebuah gedung waktu gempa itu terjadi. Weleh, goyangannya luar biasa, belum pernah merasakan yang seperti itu. Saya lihat dari kaca, gedungnya melambai-lambai kayak pohon kelapa.

    ReplyDelete
  6. semoga allah memberikan ketabahan, sebab dibalik musibah pasti ada rahmadnya Allah..

    ReplyDelete
  7. begitulah bencana alam datang tak di undang...pergi bawa duka..:)

    ReplyDelete
  8. @bellar : wah. . .trus gmn sob? Sampean gak knp2? Ada yg terluka gak tuh?

    @hadi : Amin. .semoga :)

    @rizky : yup. .memang kita hrs senantiasa bersabar dlm menghadapi sgala musibah dan cobaan.

    @jhonson : yg penting jgn berlarut-larut berdukanya. Tiap kejadian kan ada hikmahnya :)

    ReplyDelete
  9. Emang kita ditakdirkan di daerah yg rawan gempa.Aku juga pernah merasakan goncangan gempa di Yogya saat aku ambil cuti utk liburan .Malam terpaksa tidur di bawah langit sambil melihat bintang2 yg tetap bersinar.Tapi malam itu turub hujan jadi terpaksa tidur di emperan rumah.Hari selanjutnya baru berani masuk ke dalam rumah.Alhamdulillah rumah Kakaku itu tdk mengalami kerusakan yg berarti.Semoga yg terkena gempa diberi ketabahan, kesabaran dan bertambah keimanannya.Karena dibalik musibah pasti ada hikmahnya.Contohnya sekarang rumah2 mereka jadi bagus.Mesjid yg ampir rubuh jadi megah berdiri.Tetapi dibalik itu juga banyak yg stress karena kehilangan harta bendanya.Utk mereka justru kasihan kenapa kita tdk merelakan harta itu.Toh harta masih bisa dicari.Apalagi kita ditakdirkan di daerah yg rawan gempa.Jadi mental kita harus siap menghadapinya.Latihan penanganan gempa sudah sangat dibutuhkan mengingat bumi semakin tua sudah pasti sudah mulai capai menanggungnya

    ReplyDelete
  10. Dgn adanya musibah ini, semoga kita bisa terus introsfeksi diri dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT

    ReplyDelete
  11. @rumahbisnis : great comment. Saya setuju 100% sm pendapatmu sob. Andaikan latihan penanganan gempa ini dilakukan jauh sblm rentetan bencana gempa yang melanda negara kita ini dilakukan, setidak2nya kita msh bisa meminimalisir kerugian serta korban2 bencana gempa tektonik.
    Tp apa mau dikata, sepertinya memang ini sudah menjadi 'kebiasaan' di negara kita, tidak sedia payung sebelum hujan :D.

    @willyo : Amin. .semoga sob :)

    ReplyDelete
  12. yup fren, semoga ada hikmah besar di balik semua ini...... btw aku copy url pic menu horizontal kamu gpp ya ??????????

    ReplyDelete
  13. aku harap seh ada izin, soalnya ngak tau tuk buat pic kayak gitu

    ReplyDelete
  14. tentunya ini peringatan bagi kita semua untuk terus memperbaiki diri atas semua bencana yang sering terjsdi di negeri ini

    semoga keluarga yang menjadi korban diberikan ketabahan, tentunya harapan kedepan tidak terjadi lagi bencana-bencana seperti ini .. amien ;)

    ReplyDelete
  15. [...]Ketika Gempa, Jangan Turun Lewat Tangga - Saat terjadi gempa, biasanya warga Jakarta yang berada di gedung-gedung pencakar langit langsung berhamburan menuju tangga darurat untuk turun ke halaman. Kebiasaan ini ternyata tidak benar. Sebab, tangga adalah bagian dari gedung yang paling tidak tahan gempa alias paling mudah runtuh[...]

    ReplyDelete
  16. duh.....
    gempa kali ini sangat besar pengaruhnya...
    apalagi dalam bulan suci ini...
    semoga semua korban diberikan kesabaran, karena ini semata2 merupakan ujian dari Yang Maha Kuasa.
    semoga peristiwa ini bisa lebih mendekatkan diri kita dengan sang Khalik.

    peristiwa ini benar2 membuat warga menjadi trauma untuk kembali kerumah masih2...
    mereka sangat takut dengan gempa susulan...

    semoga para korban meninggal dalam musibah ini diterima disisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan agar lebih bersabar dan tabah...
    Iklan Gratis

    ReplyDelete
  17. @rusli zainal, @iklangratis : Amin. .semoga.
    Mari kita sama2 mendoakan :)

    ReplyDelete
  18. waduh, saya waktu gempa malah lagi tidur pules, untung aja ada kk saya yang ngebangunin...jadi ngerasa untang budi eh ma kk saya.... :(

    ReplyDelete
  19. Indonesia menangis lagi sob, ini cobaan ataukah bencana ? Mnrut BMG indonesiakan masuk dalam kawasan Ring of Fire

    ReplyDelete
  20. Wallahu'alam sob. . .

    Mau gmn lg, memang ini semua sudah rencana Allah. Kita sbg hambaNYA hanya bisa berdoa, semoga Allah senantiasa melindungi kita dari segala musibah.

    ReplyDelete