Wednesday, September 30, 2009

Pengertian Blog Dofollow Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

59 comments
loading...
Pengertian Blog Dofollow
Beberapa hari yang lalu, ada yang bertanya dikolom komentar pada artikel blog bisnis online ini yang berjudul IndobiZLine termasuk blog dofollow, ia menanyakan maksud dan fungsi dari dofollow itu apa?
aldis mengatakan...
"thk's mas atas infonya, btw saya pengen tau maksud dan fungsi dr do follow td. boleh donk dijelasin, maklum newbie nie"
Nah, tips blogger kali ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan dari sobat aldis. Mau tahu nggak apa itu blog dofollow, dan apa saja keuntungan serta kerugian dengan membuat blog kita menjadi dofollow? Simak terus yuk :p

Apa sih dofollow itu?

Pengertian dari Dofollow adalah menginstruksikan search engine (mesin pencari) agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Jadi, blog dofollow itu bisa diartikan sebagai blog yang memperbolehkan robot mesin pencari untuk melanjutkan penelusuran ke setiap link yang ada di halaman blog yang bersangkutan. Sudah paham belum? :p hehehe. . .simpelnya blog dofollow itu blog yang akan memberikan backlink gratis ke blog kita apabila kita berkomentar di blog yang memiliki status dofollow. Sedangkan pengertian dari backlink adalah tautan balik dari blog/situs lain ke halaman blog kita.

Lalu, apa keuntungan merubah blog kita menjadi dofollow?
Bila ditanyakan tentang keuntungan, saya juga bingung. . .sebenarnya keuntungan apa sih yang didapat dengan merubah blog kita menjadi dofollow? hehe. . .
Tapi, banyak blogger yang berpendapat, bahwa rata-rata blogger yang menganut sistem dofollow di blognya, jumlah pengunjung serta komentatornya bertambah.
Pasti kalian juga menanyakan hal yang sama dengan blog bisnis online ini, hehe. . .
jawaban yang bisa saya berikan adalah "Mungkin" :D.

Adapun perbedaan kelebihan dan keuntungan dari blog dofollow dan nofollow itu bisa dilihat dari beberapa faktor, yaitu :

1. Jumlah komentator (termasuk didalamnya "bobot" atau kualitas dari komentar)
Biasanya sih blog dofollow lebih rentan terhadap komentar-komentar yang sifatnya "SPAM" bila dibandingkan dengan blog nofollow. Walaupun memang kuantitas komentar dari blog dofollow lebih banyak dari blog yang nofollow. Tapi. . .apalah arti jumlah, kalau kualitas komentarnya tidak seimbang dengan kuantitasnya, ya kan? :D. Hal ini bisa diatasi kok dengan memoderasi tiap komentar yang masuk diblog kita ;).

2. Jumlah Pengunjung
Salah satu keuntungan dengan merubah blog kita menjadi dofollow adalah meningkatnya jumlah pengunjung, yah. . .tapi ya itu, pengunjungnya rata-rata merupakan pengunjung oportunis yang mengharapkan backlink gratis, sedangkan pengunjung setianya masih kalah bila dibandingkan dengan blog nofollow :p. Tapi menurut saya, semua itu tergantung dari artikel-artikel yang ada diblog kita. Apabila pengunjung merasa blog kita banyak berisi artikel-artikel yang bermanfaat, bisa dipastikan mereka akan kembali berkunjung, ya nggak? :p.

3. Google Pagerank
Hehehe. . .kalau yang satu ini kalian juga paham kan? :p. Banyak blogger (yang menganut sistem dofollow) yang mengatakan bahwa pagerank blognya menjadi turun setelah merubah blognya menjadi dofollow, tidak seperti blog nofollow yang aman sentosa dari "gencetan" blog-blog lain, hehehe. . .

Overall, dengan merubah blog kita menjadi blog dofollow, kita sudah paham dan siap menerima segala resiko yang akan kita dapat nanti. Begitupun dengan saya yang sebelumnya sudah memikirkan hal ini saat merubah IndobiZLine blog menjadi dofollow. Memang dari awal saya merubah blog ini menjadi dofollow untuk membantu sobat-sobat sekalian yang sedang bersusah payah mencari atau mengumpulkan backlink, entah itu untuk sekedar menaikkan pagerank blognya ataupun yang sedang sibuk mengikuti kontes SEO seperti kontes kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang yang saat ini sedang marak sekali.

Jadi, kesimpulan yang bisa diambil adalah sebelum merubah blog kalian menjadi dofollow, ketahui serta pahami dulu apa itu dofollow, serta keuntungan dan kerugian (resiko) apa yang akan kita dapat nanti setelah blog kita berubah menjadi blog dofollow.
Jika kalian bertanya, trus lebih baik mana, menjadikan blog dofollow atau nofollow?
Jawabannya lihat lagi penjelasan diatas, dan saya kembalikan ke diri kalian masing-masing :).
Oh iya, seandainya nanti blog bisnis online ini pagerank-nya turun saat google update nanti, sepertinya saya harus berubah haluan dulu nih, hehehe. . .Kan percuma juga, blog dofollow. . tapi pagerank-nya anjlok :D. Mudah-mudahan sih nggak, jadi blog ini bisa terus dofollow untuk membantu sobat-sobat semua ;).
loading...

59 comments:

  1. pertamax...

    blog q dulu do folow tapi, cm aq balikin lagi k no folow, yg aq denger blog yang dofolow bisa d gebuk ma paman google, aq g tau maksudnya apa d gebuk, mungkin blog q aq kembalikan lagi k do folow, cm g sekarang, menurut q sama aja blog nofolow/dofolow, buat aq buat naikkan trafik selaian daftar blog k situs2 peningkat trafik, aq akan berkunjung+ngasig komen aq yakin blog kita akan naik, blogq yang bulan lalu pengunjungnya sekitar 1000 lbh dkit, bulan mengalami peningktan yang ckup tajam sekitar 3000an lebih

    ReplyDelete
  2. nice info...kebetulan blogku jg dofollow...tp Page rank memang rada susah naik...saat yg lain udah jd PR 4, punyaku msh PR 3...trus komentar spam membludak, terutama yg nitip link di komentar....kata master2 c ini bisa berakibat blog kita di judge blog spam oleh google...so komen yg spam lbh baik di hapus saja

    ReplyDelete
  3. aku bingung mau komentar ap,,abis keren banget bro blognya,,ntar beri comentar ya digubuk aku kutunggu kehadiranmu,,,,,

    ReplyDelete
  4. oh gitu bro, lalu apa perlu ngak ya feeed komment kita di masukin ke webmastertools google? soalnya kemarin aku masukin ke sitemap bisa, apa pendapatnya neh bro

    ReplyDelete
  5. Sorri sob...saya agak lambat nih datangnya....saya setuju dan sependapat dengan penjelasan nomor 1,2 dan 3 diatas...

    ReplyDelete
  6. Nah kang Martin, sekarang saya mau tanya segitu pentingkah peringkat pagerank google untuk anda sehingga anda sampe punya opsi untuk pindah lagi ke no follow kalo diperlukan ? ( maaf nih newbie )

    ReplyDelete
  7. @rizky : itulah mksd dari point no.3 diatas sob :)

    @rinto : hehe. .itulah resikonya sob menjadikan blog kita dofollow. Yah. .tinggal pintar2nya kita mengatur aja. Thanks udah mau share pengalamannya disini ;)

    @radoez : loh. .itu dah komentar (walaupun gak nyambung :p), iya. .insya Allah nanti saya berkunjung balik.

    @mas acrom : apanya yg mantap gan? :p

    @ramuni : nggak usah dibuat ribet ram, yg pasti2 aja lah :))

    @ramlan : feed comments atau feed posts sob? menurut saya sih nggak perlu lg, klo sobat sudah baca artikel saya yg judulnya tips mendaftarkan blog ke google sitemap, kode yg di submit ke sitemap google sudah termasuk feed blog kita. Btw, kok gak nyambung lg ya? Kebiasaan nih :-L

    @willyo : its ok sob, yg penting skrng dah sampe disini :D

    @tukangpoto : wah. .pertanyaannya 'ngena' nih, hehehe :D
    Jawabannya, penting banget kang. Untuk seorang blogger yg menjadikan blognya sbg penghasilan (baik itu utama ataupun sekedar tambahan) seperti saya, google pagerank merupakan nilai jualnya, selain itu alexa rank jg gak kalah penting dgn pagerank google.

    Nanti Insya Allah saya buat artikel khusus utk menjawab pertanyaan dari sampean, supaya lbh lengkap lg :)

    ReplyDelete
  8. Wahwahawah!!! Kerennn!!! Love DOFOLLOW!

    ReplyDelete
  9. Sob, PR-ku ga naik2 nie. Jongkok terus. Apa karna do follow menyebabkan PR-ku ga naik2 ya sob? Apa memang karena backlinknya yang kurang? Atau faktor yang lain? Kasi pencerahan donk sob biar bisa naik 1 tingkat aja. He..he..

    ReplyDelete
  10. Infony ok sobat.. sy jug dofollow tapi mulai 30 September ini.. saya rubah dulu ke Nf.. mungkin sampai oom google update PR.. cuma pingin tahu aja.. sebagai try out gitu.. setelah itu saya kembali lagi ke DF

    ReplyDelete
  11. @andryan : haiahh. .haiiahh. . . 8-}

    @dunia komputer : beberapa alasan yg sobat jelaskan ada benarnya jg, hehehe. . . .
    Klo menurut saya sih, blogmu memang kurang di jumlah backlinknya sob, masalah update blog. . .gak usah ditanya lg, kamu kan rajin bgt tuh bikin artikel :).
    Coba aja lebih banyak bangun backlinknya, caranya dah paham kan sob? ;)

    @pembunuhan : hehe. . .sip deh sob, semua kan terserah ownernya :D. Ya. .mudah2an aja update nanti pagerank blog kita gak anjlok b-(

    ReplyDelete
  12. asalkan komentarnya bermutu nggak masalah tuh,resikonya sebesar apapun tak layani...

    ReplyDelete
  13. salam sobat, terlambat aku kali ini...
    setiap kali aku baca topik ini memang rasa menarik, cuma aku tak pernah ambil serius pasal nofollow/dofollow atau cara-caranya naikkan PR. sebab itu kalau saya ditanya apakah blog saya dofollow/nofollow, saya tak tau, begitu juga halnya PR...
    bagaimana kita nak tau sob? hehe..

    nampaknya saya masih ketinggalan dalam hal-hal begini, mungkin saya akan serius tentang ini jika ada manfaat yang lebih dari sekedar blogger. mohon saran ya..

    terima kasih sobat, semoga info ini memberi saya kesegaran.

    ReplyDelete
  14. Makasi sob. Sementara saya jadi nofollow deh n cari backlink yang banyak dulu nie. He..
    BTW, klo ga salah link ke posting IndobiZLine termasuk blog dofollow pada bagian awal ada masalah tuh. Tadi aku klik dikasi peringatan "Blog tidak ditemukan".

    ReplyDelete
  15. @sej4r4h duni4 : hehe. . .ya bagus lah klo kyk gtu, semangat terus sob :p

    @al-basri : untuk men-check blog kita dofollow atau tidak, bisa dgn menginstal add-ons nodofollow for firefox disini, setelah diinstal, langsung restart firefoxnya. Berikutnya silakan tes dgn membuka blog sobat, Setelah add-ons NoDoFollow diaktifkan (dicentang), maka pada blog sobat akan tampak kotak berwarna merah muda dan biru. Liat di bagian komentar atau di link list/blogroll/friends. Link-link yang ada diberi kotak warna biru. Warna biru berarti blog comment sobat Do Follow. Jika pink atau merah muda, berarti blog sobat nofollow :)

    sedangkan untuk cek pagerank blog kita, bisa sobat cek langsung disini, moga membantu ;)

    @dunia komputer : ok. . .sip deh sob, moga sukses ya ngumpulin backlinknya, hehe. . .
    iya thanks, linknya ada yang kurang, td dah saya edit :)

    ReplyDelete
  16. terima kasih sob, aku dah coba tipsnya.
    dofollow rupanya blog aku... hehe

    ReplyDelete
  17. duduk sambil garuk-garuk kepala -bingung-
    Pak Dosen, sebagai blogger pemula mungkin ane pake follow sajalah,habis ngejar pagerank susah, mending ngejar 'setoran' saja :)

    ReplyDelete
  18. Terus terang aku gak faham pengertian2 kayak gini.Thanks Sob infonya.Aku udah lama ngeblog tapi baru tahu ada pengertian2 ini.Terus berkarya ya Sob.Good Luck!!!

    ReplyDelete
  19. Jadinya blog do follow mempengaruhi mempengaruhi pagerank juga yaa? tolong dong jelasin kenapa bisa begitu bro!

    ReplyDelete
  20. @bang rahmat : yup, diatas kan sudah saya jelaskan apa itu dofollow. Darisitu sudah bisa disimpulkan bahwa dengan menjadikan blog kita menjadi dofollow, itu berarti tiap link yang ada diblog kita (baik itu di sidebar ataupun di kolom komentar) akan ikut ditelusuri oleh robotnya google. Sederhananya, google tidak hanya memberikan ranking pada blog kita saja (yang sudah dofollow), blog-blog lain pun (yang ada di sidebar blog kita atau di kolom komentar) akan diperhitungkan oleh google untuk diberikan ranking. Istilahnya 'digencet' :p

    Itulah kenapa rata-rata blog dofollow pageranknya rendah :)

    ReplyDelete
  21. Wah klo meliat pejnelasannya jadi bingung nech...
    pengennya banyak di kunjungi tapi pagerank ikut naek... kan bagus tuuh...
    terima kasih infonya... smoga selalu update untuk mebantu kita yang masih junior ini...

    ReplyDelete
  22. bener mas...mending kita manual aja comen dan blogwalking pasti cepet terindeks...

    ReplyDelete
  23. kalo dofollow kayaknya sih ga ngaruh ke pagerank...mungkin cuma mitos aja google benci..asal rajin cari backlink kali yaaa???ndak ngerti juga ama mbah gugel...tapi nice post itu mas!!!mangstap!!!

    ReplyDelete
  24. Ouh Begeto yah . . .
    tx info yang bermangfaat nya . . .
    :D :D :D

    ReplyDelete
  25. wah melihat akibat dan keuntungan kalo bagitu mending menjadikan blogkita menjadi nofollow, saya sudah merubah blog saya ini tapi saya ganti lagi ja.heheh makasih mas, saya baru mengerti

    ReplyDelete
  26. Mengingat do sama no...efek do lebih tinggi dimata search engine,,,buktinya ane nyasar kemari...hehhehehe...

    ReplyDelete
  27. makasih atas penjelasnnya [vco86.blogspot.com]

    ReplyDelete
  28. Terima kasih atas kebaikan hati mas numb3r sehingga mau mendofollow-kan blog ini.Resiko memiliki blog dofollow memang akan kebanjiran komentar spam. Cara mengatasinya mungkin ya dengan di moderasi atau menggunakan tool gratis yaitu : akismet...

    salam kenal mas..

    ReplyDelete
  29. I'm Dofollow Blogger

    Ada juga temen seperjuangan penganut DOFOLLOW BLOGGER, Bravo!!!

    Tukar link ya...

    ReplyDelete
  30. jadi keuntungan blog do follow selain kebanjiran komentar apa lagi, apa berpengaruh sm PR atau SEO belog itu sendir.... lam kenal ;;)

    ReplyDelete
  31. betul juga nih, moderasi komentar di blog dofollow memang penting untuk menghindari komentar SPAM.

    risikonya juga lebih tinggi yaitu pagerank blog bisa turun, tapi blog dofollow lumayan untuk mendapatkan pengunjung dan kuantitas komentar jadi tinggi

    ReplyDelete
  32. terimkasih atas informasinya Kang, saya jadi sedikit lebih faham dengan maksud dofollow dan nof0llow.

    ReplyDelete
  33. Begini mas, blog aku sudah banyak dikunjungi tapi kok belum dapat page rank-nya ya? Apa gak ada kaitannya sama pengunjung

    ReplyDelete
  34. skarang baru paham apa blog nofollow dan follow

    ReplyDelete
  35. salam kenal...berarti blogger yg pake do follow adalah blogger yg murah hati ya....he3x...rejekinya pasti banyak krn mau nolong org lain..btw, sy msih pemula banget. gmn ya caranya bikin blog kita do follow? atau sdh otomatis dari sono nya? tengkiu

    ReplyDelete
  36. Makasih buat backlinknya.. maklum newbie gtu loh :D

    ReplyDelete
  37. ini..., blog ato wp sih, kok g jauh beda??, hebat bener..
    kaya gak jauh beda bos...
    Boleh kagak tukeran link bos????

    ReplyDelete
  38. Dofollo memang sangat berguna dalam mengembangkan pagerank suatu blog apalagi yang ikut kontes.

    ReplyDelete
  39. YA..APAPUN PILIHANYA TETAP ADA RESIKONYA
    thanx infonya..Sob.

    ReplyDelete
  40. Dofollow bisa dipilih dengan catatan dimoderasi commentnya

    ReplyDelete
  41. Mantaps Infonya.... Q ttep ja dah di dofollow.. btw, knjung balik ya sob...

    ReplyDelete
  42. kalau untuk bloog bisnis online cocoknya dofollow atau nofollow?

    ReplyDelete
  43. yang ini td maksud pertanyaan aku gan .. tentang fungsi dofollow.. setelah buka sana sini di blog ini dpt jg intinya ini yah gan "dofollow itu bisa diartikan sebagai blog yang memperbolehkan robot mesin pencari untuk melanjutkan penelusuran ke setiap link yang ada di halaman blog yang bersangkutan" .. kalo gt izin nebeng link gan yah

    ReplyDelete
  44. Thanx, nice info gan..
    Ane blogger newbie ni.,
    kebetulan lagi cari tau tentang do follow..
    Oiya mo tanya ni gan,..
    Klo begitu artinya blog yang gag pake do follow otomatis jadi blog no follow ya gan...?

    Thanx be4,

    Andre :D

    ReplyDelete
  45. Blog dofollow sekarang tidak disukai google gan..
    ngga sedikit yang blog nya kena sandbox google gara-gara jadi dofollow.
    tapi salut blog ini belum hilang kena sandbox..

    ReplyDelete
  46. ketika lihat judul artikel di atas..., saya kira artikel ini akan membahas kelebihan link dofollow dan kekurangannya... Ternyata salah... Mungkin dari semua kekurangan kita menjadikan blog kita dofollow adalah masalah google PR walaupun alexa rank pasti menigkat... sekedar ingin berbagi pengetahuan mas..., saya pernah baca diblognya mas jimmy kalo ternyata dofollow juga bisa dapat google PR bagus, bahkan dia dapat naik ke 2.. Ada juga yang bisa sampe 6... Mungkin ini dipengaruhi oleh alexa rank ya mas? tapi untuk masalah moneytize..., emang agak ribet juga sih kalo GPR kita kecil... mungkin kita cuma bisa ngambil dari mereka yang syaratnya kalo Alexa rank tinggi saja ya mas...? terima kasih mas..

    ReplyDelete
  47. utk google panda sat ini,pr tdk berpengaruh bny pd hasil serp jd blog dofollow tdk memiliki alasan utk takut jika blog'a kalah saingan dg blog nofollow

    ReplyDelete
  48. Terima kasih banyak buat numb3rblog.blogspot.com dan buat blog2 yang lain yang telah membuat blognya menjadi dofollow. Semoga niat baik anda semua yang telah membantu pengunjung blog anda mendapat balasan kebaikan.

    ReplyDelete
  49. mantab nian artikel ini, jadi aku sangat senang membacanya

    ReplyDelete
  50. blog dofollow prnya tidak akan turun asalkan sering update postingan yang berkualitas, itu menurut saya

    ReplyDelete