Thursday, October 01, 2009

Gempa Tektonik Di Sumbar Guncang Padang Dan Sekitarnya

16 comments
loading...
Gempa Tektonik Di Sumbar Guncang Padang Dan Sekitarnya
Rabu, 30 September 2009, pukul 17.16 WIB, gempa tektonik berkekuatan 7,6 Skala Richter yang berpusat di 57 Km barat laut Pariaman, Sumbar, mengguncang provinsi Sumatra Barat (Sumbar), getaran ini dirasakan oleh hampir di sebagian masyarakat yang berada di provinsi Sumbar.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tektonik ini terjadi pada episentrum 0,84 Lintang Selatan (LS) dan 99,65 Bujur Timur (BT) atau 78 Km barat laut kota Padang, 99 Km barat daya Bukittinggi, atau 106 Km timur laut kepulauan mentawai.

Pakar gempa dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Danny Hilman Natawidjaya menjelaskan, gempa berkekuatan 7,6 SR yang mengguncang kota Padang dan Pariaman dan terasa hingga wilayah Medan, Sumatra Utara, bahkan dirasakan juga oleh Kuala Lumpur dan Singapura, tidak berpusat di zona subduksi lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.
"Gempa yang sekarang pusatnya patahan di Kerak yang menunjam di bawah kota Padang," kata Danny saat dihubungi kompas.com

Ia mengatakan, pusat gempa tersebut kemungkinan di ujung patahan jauh di bawah dasar laut.
Hal ini pula yang menurut Danny bisa menjelaskan mengapa gempa tektonik sebesar itu tidak sampai memicu gelombang besar.
"Pergerakannya dominan horizontal tidak vertikal dan lepasnya lebih dalam sehingga tidak men-create atau menciptakan tsunami," jelas Danny.


Meski demikian, Danny mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya tsunami kecil setinggi 20 sentimeter yang terukur di pantai barat Padang. Menurutnya, data memang menunjukkan ada sedikit gerakan vertikal saat gempa terjadi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat setidaknya ada 200 orang korban tewas dan 500 bangunan hancur akibat gempa tektonik berkekuatan 7,6 SR yang mengguncang Sumatra Barat.
Data yang diperoleh pada pukul 02.00 WIB tersebut, diperkirakan akan terus bertambah mengingat ratusan orang masih belum diketahui nasibnya karena tertimbun di bawah reruntuhan bangunan.
"Laporan yang masuk sementara ada sekitar 100 sampai 200 orang korban tewas, 500 bangunan rusak atau hancur. Ada sekitar 100 orang lagi yang masih tertimbun dibawah reruntuhan gedung-gedung itu," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Priyadi Handoko di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (1/10).


==========================================
Subhanallah, cobaan demi cobaan terus-menerus menimpa negeri ini, setelah sebelumnya gempa tektonik di Tasikmalaya, sekarang gempa tektonik yang lebih dahsyat melanda saudara-saudara kita di Pariaman, Padang, Medan, Jambi, Bengkulu dan di semua kota yang berada di provinsi Sumatra, terutama Sumatra Barat (Sumbar).

Lewat artikel ini saya juga ingin menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk sobat Jhonson yang rumahnya juga tertimpa bencana gempa bumi ini. Semoga Allah memberikan kesabaran serta ketabahan kepada sobat serta keluarga besar sobat Jhonson dalam menghadapi cobaan ini.
Semangat terus sobat, jangan jadikan musibah gempa bumi ini sebagai penghalang sobat untuk meraih kesuksesan di masa depan :).

Sumber : Kompas.com
loading...

16 comments:

  1. buat temen2 semua,, temenku pernah berkata."Tuhan memberi kita cobaan untuk membuat kita semakin kuat..."

    ReplyDelete
  2. Indonesia selalu mendpat cobaan, mudahan kita semua sabar dalam menghadapi cobaan ini... :((

    ReplyDelete
  3. gempa lagi- gempa lagi, ini bencana ataukah gobaan ?

    ReplyDelete
  4. bela sungkawa sejenak...
    sama-sama kita berdoa agar kejadian ini tidak bertambah buruk.
    semoga Tuhan melindungi kita semua.

    Al-fatihah, buat yang terkorban...
    terima kasih untuk info yang prihatin

    ReplyDelete
  5. Katanya perpotensi Tsunami??? Tsunaminya jadi apa ga??? SEMOGA GA deeehh!!!

    ReplyDelete
  6. Habis di Jawa,Langsung ke Sumatra...Indonesia sering diguncang gempa...

    ReplyDelete
  7. ngak ada habisnya ya? hm................

    ReplyDelete
  8. Waduh...
    belum juga sebulan ditimpa gempa dashyat di jawa tengah udah dateng lg cobaan

    ReplyDelete
  9. Semoga segala bencana yang menimpa kita bisa menjadi proses pembelajaran untuk ke depan

    ReplyDelete
  10. Semoga para korban bencana gempa dapat segera bangkit dari keterpurukan

    ReplyDelete
  11. kita semua harus introspeksi diri sob...bahwa klo Allah menginginkan sesuatu maka dalam sekejab semua amblas...the long life of people who have heart and love, not a mere property or money.

    ReplyDelete
  12. Turut berduka cita kepada para korban yang tertimpa musibah semoga diberikan ketabahan dalam menghadapinya.

    ReplyDelete
  13. Turut berduka cita atas terjadinya musibah ini :(

    ReplyDelete
  14. Aceh, Jokja, Tasik, Padang.. selanjutnya? ane ga bs bayangin jk itu terjadi lg di ibukota spt thn 1899; kt OM Ebiet G. Ade: anugrah & bencana adlh kehendak-Nya, qt mesti tabah menjalani..

    ReplyDelete
  15. semua yang erjadi mengingatkan kita bahwa kita adalah manusia biasa yang tak luput dari pencobaan...

    berharap dan berpeganglah pada perncipta

    ReplyDelete