Saturday, October 17, 2009

Search engine Optimization (SEO)

22 comments
loading...
Search engine Optimization (SEO)
Maraknya kontes SEO belakangan ini di Indonesia, membuat saya semakin penasaran untuk mengetahui apa sih Search Engine Optimization (SEO) itu? Apa rahasia yang tersembunyi di balik SEO? Apa saja kunci sukses dalam melakukan search engine optimization?

Aneh memang, setelah beberapa kali membahas SEO di blog bisnis online ini, baru sekarang saya membahas pengertian SEO, hehe. Tapi saya yakin kok, topik-topik yang membahas tentang Search Engine Optimization (SEO) tidak akan basi, karena semakin hari. . .semakin banyak blogger yang penasaran dan ingin mempelajari SEO lebih jauh lagi. Tul nggak? :p. Apalagi blogger newbie seperti saya yang masih haus akan informasi guna menambah pengetahuan.

Kata-kata SEO memang tidak lagi terdengar asing di telinga kita, hampir setiap blogger pernah membahas Search Engine Optimization di blognya (paling tidak 1 artikel). Lalu, apakah sebenarnya SEO itu?

Berdasarkan hasil pencarian saya saat berselancar di dunia maya, SEO banyak diartikan dengan berbagai macam kata, namun tetap mempunyai makna yang sama.
- Menurut Wikipedia, Search Engine Optimization biasa disingkat SEO atau dalam bahasa Indonesia berarti optimisasi mesin pencari, yang artinya adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
- Menurut Joko Susilo, jika search engine mudah mendeteksi keberadaan anda, dengan senang hati search engine akan menampilkannya di urutan terdepan pada pengunjung. Intinya, optimalkan situs web anda. Baik konten, layout, dan navigasinya. Ini yang umum disebut Search Engine Optimization (SEO). Anda harus mengoptimalkan situs web anda agar search engine mudah mendeteksi situs web anda.
- Menurut Brokencode, Search engine optimization is utilizing tools and methods in making your site top ranking in the results of search engines. Getting yourself in the first page and better yet in the top half of the page will ensure that your site will generate public awareness of your site’s existence and subsequently generate more traffic, traffic that could lead to potential income and business. Yang artinya memanfaatkan alat dan metode dalam membuat situs Anda berada di peringkat teratas dalam hasil mesin pencari. Mendapatkan diri Anda di halaman pertama dan lebih baik lagi di bagian atas halaman akan memastikan bahwa situs Anda akan menghasilkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan situs anda dan kemudian menghasilkan lebih banyak lalu lintas, lalu lintas yang bisa mengakibatkan potensi pendapatan dan bisnis.
- Dan Menurut Bayumukti SEO itu kalo ga salah adalah search engine optimization ato optimisasi di search engine. Menurut aq sih yang namanya optimisasi itu caranya kalo dibilang sulit juga ga begitu, kalo dibilang mudah kok banyak yang bilang sulit. Yah tinggal orangnya aja sih.

Dari beberapa pengertian diatas yang saya ambil dari para Master SEO (kecuali Wikipedia :p), bisa kita ambil kesimpulan bahwa Search Engine Optimization (SEO) adalah Cara mengoptimisasi situs kita agar bisa tampil di posisi teratas dalam pencarian di mesin pencari (search engine).

Lalu, apa sih tujuan kita melakukan Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari?
Tentu saja agar situs kita berada di posisi teratas, atau setidak-tidaknya tampil dihalaman pertama hasil pencarian, sesuai dengan keyword (kata kunci) tertentu yang kita targetkan. Pengertian Keyword itu sendiri adalah suatu kata yang digunakan dalam sebuah situs, yang dijadikan unggulan atau target, agar situs tersebut dapat ditemukan oleh mesin pencari. Lebih jauh lagi mengenai keyword Insya Allah akan saya bahas pada artikel yang lain.

Setelah sedikit penjelasan dari seorang newbie ini diatas, tentu kalian sudah mendapat sedikit 'bayangan' tentang pentingnya kita melakukan optimisasi blog. Ya. . .seperti penjelasan dari  mas Agus Susanto di blognya yaitu Brokencode, dengan mengoptimisasi blog kita, itu berarti blog kita mempunyai peluang berada di halaman pertama search engine, dan artinya makin besar lah peluang blog kita dikenal oleh para pengguna internet (netter). Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi para blogger yang menganut sistem bisnis online di blognya, seperti blog ini, hehe. Selain itu search engine optimization sangatlah penting apabila kita sedang mengikuti kontes SEO yang jurinya menggunakan search engine (mesin pencari). Kebetulan, saya juga sedang mengoptimisasi artikel kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang dan artikel kerja keras adalah energi kita yang saat ini masih jauh untuk menempati halaman pertama google, hehehe.

Mungkin di artikel SEO selanjutnya akan saya bahas tips dan trik Search Engine Optimization. Tapi jangan terlalu berharap ya, maklum. . .saya juga newbie, jadi masih banyak belajar juga, hehe. Semoga artikel kali ini yang membahas tentang pengertian dan tujuan dari Search Engine Optimization (SEO) dapat mencerahkan kalian yang belum mengetahui apa itu SEO? Mohon maaf jika ada diantara kalian yang tambah mumet setelah membaca artikel ini, xixixi.
loading...

22 comments:

  1. Bener nie sob. Aku juga lagi kerja keras ningkatin PR. Kayanya SEO-ku kurang bagus nie. Ada saran ga buat blogku?

    ReplyDelete
  2. pusing sob masalah seo...dr pd mikirin seo bagus mikirin burung beo yg di rumah ku yg udh 5 hari kagak gue kasih makan tuh sob...wkwkwkwkwkwkkw

    meta tag aza bermacam2 jenisnya....bagi ku yg penting keyword ama title udh terpasang dgn benar ya sudah deh..wkwkwkwkwkwkwkkw

    ReplyDelete
  3. blog q belum t pasang meta tag... masih bingung ngasih keywornya apa

    ReplyDelete
  4. thank infonya bro, ini yang aku perlu....

    ReplyDelete
  5. hehe.. saya kurang ngerti SEO tuh gimana, ntar ajarin ya bos..

    habusmasih newbie juga nih..:)

    ReplyDelete
  6. salam sobat,
    walaupun saya belum tahu tentang hal begini, tapi rasa menarik juga bila membacanya...

    terima kasih, sering saja aku ketinggalan ni..

    ReplyDelete
  7. untuk urusan SEO! saya juga masih newbie dan perlu banyak belajar lagi nih mas. buktinya optimasi kontes SEO Kenali dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang punya saya di tendang jauh-jauh sama om google...

    ReplyDelete
  8. Terima kasih untuk tips SEO nya mas..

    Sangat bermanfaat bagi saya..thanx

    ReplyDelete
  9. Untuk urusan ilmu SEO ini mah saya juga masih seperti orang yang berjalan sambil meraba-raba ( buta dong he..he ).Kang Martin tolong kasih tau saya ya kalo udah ketemu rumus pastinya..seperti 1+1=2.:X

    ReplyDelete
  10. Ditunggu sob artikelnya semoga membantu blogger nubie seperti aku juga..

    mantaf :x

    ReplyDelete
  11. betul-betul, betul... SEO management is the best way for optimation our blog.. (terjemahkan dalam bahasa Indonesia y, ane lupa bawa kamus -hehe- )

    ReplyDelete
  12. SEO emang gak ada matinya. PR tinggi + SEO = es cendol. kayak kaskus aja

    ReplyDelete
  13. mari berlomba buat naklukin mbah google dg mempelajari SEO....hehe

    ReplyDelete
  14. wah..thanks bgt infonya mas,,,saya masih baru blajar SEO
    mohon bimbingannya dan saran untuk blog saya...

    ReplyDelete
  15. wis mantap bener nih penerangan nya sangat bermanfaat sekali gan, sukses selalu yah

    ReplyDelete
  16. trims atas info dan artikelnya salam sukses selalu

    ReplyDelete
  17. The post is written in very a good manner and it entails many useful information for me. I am happy to find your distinguished way of writing the post. Now you make it easy for me to understand and implement the concept. Thank you for the post.

    ReplyDelete
  18. Hi and thanks for this great read!! I undoubtedly enjoying each and every little bit of it I have you bookmarked to check out new stuff you post.

    ReplyDelete
  19. tak tunggu gan artikel SEO yang lainnya

    ReplyDelete
  20. makasih gan sangat penting sekali artikelnya buat saya yang baru belajar seo

    ReplyDelete