Monday, March 26, 2012

3 Alasan Kenapa Pagerank Blog Tidak Meningkat

110 comments
loading...
3 Alasan Kenapa Pagerank Blog Tidak Meningkat
image source: scoroncocolo.com
PageRank sebenarnya adalah link analisis algoritma yang diperkenalkan oleh Google pada tahun 1998 dan secara matematis diRescaled oleh Google out of 100. Hal ini merupakan formula yang sebenarnya yang memberitahu Google, mana situs web yang lebih penting dan layak mendapat peringkat yang lebih tinggi.

PageRank yang populer di kalangan blogger dan webmaster adalah PageRank Google yang selalu saja menjadi topik hangat di forum SEO dan juga blog. Tentu saja sebagian besar dari kita tahu bahwa PageRank adalah sederet angka antara 0 dan 10 yang didasarkan pada jumlah link masuk yang menuju ke suatu situs.

Setiap kali Google mengupdate PageRank, banyak blogger yang bergembira saat mendengar beritanya, sementara blogger lain kehilangan motivasinya.

Jadi artikel hari ini kita akan belajar membahas alasan teknis, "Kenapa sih sebagian halaman memiliki ranking yang tinggi hanya dengan beberapa link, sementara halaman yang lain masih tetap sama walaupun hanya memiliki beberapa inbound link?"

Penasaran? Simak terus yuk :p

 Apakah PageRank semata-mata tergantung pada Incoming Links?

Jawabannya adalah tidak benar! Memang benar bahwa PR adalah skala pada jumlah link dofollow yang mengarah ke blog atau situs, tetapi jika itu satu-satunya sumber untuk mencapai PR tinggi, lantas kenapa PageRank drop untuk beberapa situs? dan kenapa blog dengan hanya beberapa link peringkatnya lebih tinggi dibandingkan dengan blog yang mempunyai beberapa link masuk? Robot Google melihat dengan seksama pada tiga faktor:
  • Signifikansi incoming link
  • Keseimbangan antara incoming links dan outbound links
  • Penggunaan PageRank blog saat ini
Mari kita bahas tiga faktor diatas satu per satu.

1. Signifikansi incoming link 
Google memindai dunia Wide Web setiap sepersekian detik dan menjelajah halaman indeks dalam databasenya secara terus menerus. Hal ini dilakukan untuk mencari situs web berkualitas dengan konten yang dihasilkan dan mengkategorikan mereka secara terpisah dari web forum atau blog yang mempublikasikan konten yang buruk, cerita lama dan yang melanggar hak cipta.

Ketika situs dengan otoritas yang besar dan situs dengan PR lebih besar dari 2 melink balik ke blog kita, maka blog kita mulai menarik Google Spider dan memaksa mereka untuk memberikan respect, karena blog kita telah direkomendasikan (link) oleh sebuah blog yang telah memenangkan reputasi di mata Google selama 4 bulan dan sebelumnya.

Jadi arti sebenarnya mengacu pada apakah situs yang me-link ke blog kita memiliki PageRank (PR) atau tidak. PR sebuah situs yang lebih tinggi semakin besar signifikansinya.  

Bisakah menjadi perbedaan siapa yang me-link keblog kita? Ya bisa, jelas ada kesenjangan besar disana.

Coba perhatikan tabel di bawah ini!

Note: Asumsikan bahwa blog kita memiliki PR 0 dan blog kita mulai menerima Links berikut dari satu situs tunggal. Saya ulangi link masuk disebutkan di sini adalah dari satu situs, bukan beberapa situs. Lihat bagaimana link ini dapat mempengaruhi PR blog kita.
Ini hanya berdasarkan penglaman dan pengamatan saya, jadi data dibawah belum tentu benar!

PageRank Situs/Blog Dampak
PR 0.0 Butuh 50 link atau lebih untuk mendapatkan PR1 atau PR0.
PR 1.0 Sekitar 5-10 link dari blog ber-PR ini, bisa memberikan kita PR 1.0.
PR 2.0 Satu Link bisa memberikan kita PR1
Lebih dari 5 Link bisa memberikan kita PR2.
PR 3.0 Satu Link bisa memberikan kita PR 1 atau PR2
Lebih dari 5 Link bisa memberikan kita PR3.
PR 4.0 Satu link bisa memberikan kita PR2
5 Link akan memberikan kita PR3
15 Link atau lebih akan memberikan kita PR4
PR 5.0 Satu Link bisa memberikan kita PR2 or PR3,
Nggak gitu yakin sama PR5 dan PR6
PR 6.0 Satu Link bisa memberikan kita PR3
Dua Link PR4
Nggak gitu yakin sama PR5 dan PR6

Jadi jika ada blog yang sama dengan blogmu pageranknya meningkat hanya dengan satu link dan blogmu tidak bisa meningkat dengan 20 link atau lebih, coba periksa ulang untuk melihat apakah incoming link blogmu tinggi dan signifikan.

Ini adalah salah satu alasan Kenapa beberapa blog memiliki peringkat tinggi sementara yang lain tidak !

2. Keseimbangan antara incoming links dan outbound links

Pastikan untuk me-link ke suatu situs hanya bila diperlukan. Saat kita memberikan link keluar, secara otomatis kita berbagi PR dengan situs tersebut. Me-link situs web berkualitas rendah atau me-link halaman Iframe dll, sering memberikan efek pada PR blog kita.

Tentu saja outgoing links (link keluar) akan selalu lebih besar daripada incoming links (link masuk), tapi usahakan jaga rasio antara mereka serendah mungkin. Sebenarnya ini adalah salah satu strategi optimasi terbaik yang sangat dianjurkan. Jika incoming links 100 dan outgoing links 10.000 maka kemungkinan PR drop adalah jelas.

Salah satu cara untuk menjaga eksternal link rendah adalah dengan menandai mereka sebagai nofollow. Nofollow tag hanya akan memungkinkan pembaca untuk mengunjungi link tetapi link tersebut tidak akan dijelajahi oleh robot Google.

3. Penggunaan PageRank blog saat ini

Sekarang ungkapan ini memiliki arti yang sangat berbeda lengkap. Hal ini akan menjawab pertanyaan bahwa Kenapa PageRank Blog Tidak Meningkat padahal kita tidak melakukan kesalahan apa pun.

Kita kehilangan account AdSense kita, saat melanggar syarat-syarat dari layanan Google, demikian halnya dengan kita akan kehilangan PageRank kita, saat tidak mematuhi aturan yang ditetapkan oleh tim Google PageRank.

Hal ini telah jelas disebutkan beberapa kali oleh Matt Cutts dan anggota webmasterhelp bahwa PageRank seharusnya tidak disalahgunakan. Menyalahgunakan berarti menjual link di situs web kita pada pembeli link, terutama perusahaan webhosting.

Menjual link sama dengan merekomendasikan situs kepada Google hanya untuk uang dan bukan karena kualitas konten. Saat blog kita mendapatkan PR 3 atau lebih, banyak linkbuilders akan menghubungi dan membayar kita untuk menambahkan link mereka ke salah satu posting yang berperingkat tinggi. Mereka akan membayar senilai misal: $200 per link untuk satu tahun.

Uang adalah sesuatu yang tak seorang pun dapat menolaknya hingga mereka melakukan kejahatan seperti ini. Dan indeks halaman selanjutnya, Google mendeteksi bahwa ada link baru yang tidak relevan telah ditambahkan ke posting blog kita, yang sebelumnya tidak ada dan kemudian robot memindai halaman lain dari blog kita, akhirnya mencapai kesimpulan "Link Sell Detected!" 
Pada Update selanjutnya kita kehilangan PR yang telah susah payah kita dapatkan. Jangan mengkhawatirkan masalah  pendapatan, berikan nilai lebih pada pembaca, pendapatan secara alami akan mengikuti.

Kesimpulan:

Jangan khawatir tentang PageRank seperti khawatir tentang Alexa Rank dan peringkat sosial. Berikan nilai lebih untuk pembaca blog kita. Kerja keraslah untuk meningkatkan jumlah pengunjung sehari-hari dan kurangi sedikit perhatian pada pendapatan untuk tahun pertama karir blogging kita. Semuanya akan baik-baik saja saat kita melakukannya secara alami dan menetapkan Goal jangka panjang bukannya jalan pintas yang salah.

Semoga info ini bisa bermanfaat dalam menjelaskan alasan teknis di balik PageRank drop dan meningkat pada blog kita :)
loading...

110 comments:

  1. rinci banget makasih gan saya suka banget sama infonya !!

    ReplyDelete
  2. Gtu to....oke deh gan...??Pantesan gak naik2 PR gue...
    Visit http://dlerist.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. memang susah menaikan page rank,saya juga begitu sulit dan entah bisa atau tidak mendapatkan page rank yang tinggi,salam kenal dan semoga sukses... terimakasih atas informasinya!!!

    ReplyDelete
  4. yang penting itu kita sering update postingan..
    biar para pengunjung nya seneng dan ga bosen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyindir nih kyknya :p

      Nanti saya sering update artikel, yg komentar isinya cm spam doang :D

      Delete
  5. artikel yang bagus.....
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete
  6. pagerank tinggi atau rendah kita harus tetap semangat untuk update artikel supaya banyak pengunjung dan pagerankpun bisa naik dengan sendiri nya.

    ReplyDelete
  7. Mkasih Kaka ats Info Nya

    Tolong Mampir ke Back Link Ku Juga Ya All Plizz
    biar link blogger ank indonesia ini maju



    http://komputer-co.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Owh begitu ya, jadi jangan tergoda dengan uang, yang malah hanya akan merugikan kita.
    terima kasih gan atas informasinya.

    ReplyDelete
  9. makasih ya infonya , asli berguna banget wad ane

    ReplyDelete
  10. smoga saja ga bner tuh hehe
    soalnya kepengan naik tapi susah nya minta ampun

    ReplyDelete
  11. jadi itu toh penyebab nya...
    thank smoga bermanfaat untuk smua nyua

    ReplyDelete
  12. terimakasih telah berbagi informasi ini sangat bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
  13. ok deh kalau begitu saya akan mencari pr yang tinggi saja agar page rank saya bisa naik

    ReplyDelete
  14. mksih ya untuk info nya :D sangat berguna dan bermanfaat

    ReplyDelete
  15. untung sya brkunjung kesini,,jdi tau deh..mkasih gab infonya..

    ReplyDelete
  16. smoga saja berguna deh info nya...
    mksih sblm nya :D

    ReplyDelete
  17. Saya sependapat apa yang di katakan oleh herbal obat infeksi,jurus yang paling ampuh untuk mendapatkan PR adalah posting(artikel) semakin banyak artikel semakin banyak keyword yang diperoleh.Tetapi usaha tersebut tidak berhenti di situ saja.banyak cara agar situs cepat meningkat,seperti ikut forum,komentar,mencari link seperti yang anda katakan.
    Lantas bagaimana caranya mendapatkan link dari situs yang ber-PR tinggi?
    Mudah saja..kita bisa menggunakan backlink generator dari backlink tool service.,pasti mereka akan memberikan alamat situs yang ber-PR tinggi.bukan begitu coe?

    ReplyDelete
  18. Mantap,sangat berguna sekali nich...makasih bnyak udah berbagi..

    ReplyDelete
  19. info yg sngat menarik..makasih bnyak infonya,sangat berguna sekali.

    ReplyDelete
  20. Sangat bermanfaat nich...Makasih bnyak udah berbagi...

    ReplyDelete
  21. jujur dalam menulis dan lakukan hal2 wajar saja... sangat rinci dan keren........

    ReplyDelete
  22. Mohon masukan dan infonya lagi om untuk menaikkan PR nih

    ReplyDelete
  23. oh gitu ya,,
    jadi banyak faktor juga ya yang mempengaruhi PR suatu blog.

    ReplyDelete
  24. menarik gan untuk dikaji lebih jauh infonya !!!
    makasih yah ..

    ReplyDelete
  25. thanks gan info ny, bermanfa'n banget, :)
    http://technobasespace.blogspot.com

    ReplyDelete
  26. wah bagus sekali terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  27. saya setuju banget denagn apa yang dikatakan maya yuri!!!

    ReplyDelete
  28. oh gitu ya caranya untuk meningkatkan pagerank. tapi kalau menurut saya kualitas artikel yang bisa menang bersaing di google daripada pr

    ReplyDelete
  29. sip gan sekarang aku jadi tahu caranya naikin pagerank

    ReplyDelete
  30. nice post,,, mksih banyak ya gan untuk info sangat berguna banget untuk saya

    ReplyDelete
  31. mmhh ternyata begitu yaa gan..saya baru tau cara naikin pr..makasih gan..

    ReplyDelete
  32. Artikelnya Bagus Banget>>>> Pokonya JEMPOL buat yang Nulis, Website saya pun http://www.pakaianbandungmurah.com/ sedang
    belajar buat meningkatkan Traffic, pengennya kayak blog Gan yang sudah Keren banget, Mohon Masukannya dunk buat website
    http://www.pakaianbandungmurah.com/ agar bisa meningkatkan Pagerank Google sama Menguruskan Alexa.. Ditunggu saran
    dan masukannya yach>>>> Salam Sukses !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek dibagian tips blogger diblog ini kang :)

      Delete
  33. iya nih... oh itu ya asalan nya... moga lancar aja ya mass :D

    ReplyDelete
  34. Siipp mas broww, saya coba perbaiki dech,,,,

    ReplyDelete
  35. Hehehe.. iya bener banget gan.. kudu kerja keras.. tetap menulis tetap memberikan artikel yang bersifat pengetahuan..
    sukses selalu... :)

    ReplyDelete
  36. wah ternyata incoming links juga sangat berpengaruh ya thdp google PR? makasi infonya sob

    ReplyDelete
  37. terimakasih banget gan atas informasinya, kebetulan banget saya ini ingin menaikan peringkat page rank di google. Semoga saya berhasil ya gan..

    ReplyDelete
  38. ouw,,jdi sprti iut,,terima kasih infonya ini sangat membantu saya,
    maklum saya masih newbie,,hhhe

    ReplyDelete
  39. artikel yg bagus,,,semoga dapat bermanfaat,
    terima kasih infonya dan salam kenal,,,

    ReplyDelete
  40. Oh kaya gitu ya mas, rumusny di coba dulu deh. saatny hunting pr hehehe

    ReplyDelete
  41. wah infonya sangat rinci, untuk newbie seperti saya info ini sangat penting, terima kasih gan atas ilmunya yang telah dibagikan.....

    ReplyDelete
  42. info yang sangat bagus dan menarik, trimakasih

    ReplyDelete
  43. Apa ada pengaruh PR kepada Seo yaa. . ? Soalnya gini mas bro. . Web saya itu PR 2 saat ini dan web competitor saya PR nya 0 tapi salah satu katakunci yg saya bidik ternyata hasilnya di google selalu beriringan dengan web kompetitor saya. . Jadi kira2 apa penyebab sehingga web sebelah bisa nyaingi web saya yg sudah PR 2 . . ? Karena saya cek Backling web sebelah masih banyak punya saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas ada masbro :)

      Coba bandingkan backlink situs sampean, sm backlink situs competitor. Mana yg lebih berkualitas?
      Berkualitas disini mencangkup, pagerank, niche, dan keyword.

      Delete
  44. oh begitu ya, makasih infonya gan...

    ReplyDelete
  45. sangat menarik sekali artikelnya, klo untuk mengetahui jadwal google mengupdate page rank gimana ya? mohon infonya

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google biasanya update pagerank 4x dalam setahun = 3bulan sekali sob :)

      Delete
  46. oooooo..... makanya kalo gak seimbang malah drop ya..... wah parah ni....

    ReplyDelete
  47. Hadoooh...kenapa semua jadi tergantung sama google ya...padahal gara2 mengejar PR dan SEO sudah membuat pusing kepala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tergantung sm google jg kok, kn msh ada search engine lain :)
      Dan saran saya, SEO dan pagerank jgn terlalu dibikin pusing, pelan2...smua ada prosesnya kok :)

      Delete
    2. apalagi sekarang ada google panda dan google penguin yang merupakan army nya google, untuk mencari link mana yg benar2 alami /natural/unik akan lebih bagus di mata nya google...

      Delete
  48. Walaupun kita ngebet banget pengen PR-nya naik,intinya harus pake cara yang sehat,bukan begitu gan?
    Mungkin akan lebih baik jika kita lebih memprioritaskan kualitas blog kita sendiri terlebih dahulu.

    ReplyDelete