Sunday, April 15, 2012

Pentingnya Keywords Dalam SEO

33 comments
loading...
Pentingnya Keywords Dalam SEO
Pada artikel sebelumnya, saya pernah membahas definisi dari Search Engine Optimization (SEO), dan masih pada artikel tersebut saya juga pernah berjanji untuk membahas definisi dari keywords dan pentingnya keywords dalam Search Engine Optimization (SEO). Maka Tips Blogger sekaligus Tips SEO kali ini adalah untuk membahas, apa itu Keywords dan seberapa pentingkah keywords dalam SEO.

Saat pertama kali membahas tentang Search Engine Optimization (SEO), salah satu istilah yang sering kali kita temui adalah keywords (kata kunci). Keywords merupakan sesuatu yang harus diketahui dan dipahami oleh semua blogger, terutama yang menjadikan blognya sebagai ladang penghasilan, seperti blog bisnis online ini.

Menggunakan keywords pada blog kita akan memberikan efek besar pada performa blog di mata google dan search engine yang lain. Hal ini juga berpengaruh besar pada tiap post di blog kita. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita bahas definisi dari keywords terlebih dahulu.

Apa Itu Keywords?


Definisi mudah dari keywords adalah sebuah atau beberapa kata yang diketik oleh seseorang ke dalam search engine saat mereka ingin mencari atau menemukan sesuatu di internet.

Saat saya ingin membeli sepeda motor, maka saya akan membuka google dan mengetik "Sepeda Motor Murah", itulah keywords. Atau saat saya ingin memasang taruhan bola pada euro 2012 nanti, saya akan mencari "Agen bola terpercaya piala euro 2012", ini juga termasuk keywords.

Kalian pasti menyadari saya menyebut masing-masing kalimat diatas sebagai keywords, walaupun terdiri dari beberapa keywords. Hal ini hanya istilah saja, walaupun "agen bola terpercaya piala euro 2012" memiliki 6 kata, secara umum dikenal sebagai 1 keywords (kata kunci). Kalian juga akan sering mendengarnya sebagai "key phrase" (frase kunci) yang mana menurut saya lebih masuk akal. But hey, I don't make the rules :p.

Jadi, tugas kita adalah mencari keywords (kata kunci) yang berhubungan dengan blog kita dan pada tiap individual/tiap post yang sering dicari orang. Namun, saat keywords utama yang berhubungan dengan blog kita menduduki peringkat pertama pada halaman google, kompetisi akan semakin ketat. Hampir tidak mungkin memang untuk menjadikan blog bisnis online menduduki peringkat pertama dengan keywords "bisnis online", atau menjadikan blog SEO menduduki peringkat pertama dengan keywords "Tips SEO" dan lain-lain. Karena, persaingan keywords terpopuler sangatlah sengit.

Long Tail Keywords


Long Tail Keywords adalah keywords (kata kunci) yang lebih panjang, yang tidak populer tapi juga tidak kompetitif.

Blog bisnis online kalian mungkin akan menduduki peringkat pertama dengan keywords "tips bisnis online terbaru tanpa syarat dan gratis tahun 2012", atau blog SEO kalian akan menduduki peringkat pertama dengan keywords "Belajar SEO untuk pemula gratis tanpa syarat tahun 2012".

Jika kita dapat menemukan long tail keywords yang baik yang berhubungan dengan blog kita, maka kita dapat menghasilkan traffik pencarian yang besar dengan sedikit kompetisi.

Keywords Tools


Kalian mungkin berpikir bagaimana saya tahu keywords apa yang sedang populer? Well, ada beberapa tools yang dapat membantu kalian.
Tools seperti Google keyword generator akan memberikan daftar keywords yang seseorang telah cari. Saat kita mengetikkan keywords populer seperti bisnis online, search engine akan menunjukkan long tail keywords yang terkait dan seberapa populernya keywords tersebut.

Tools lain yang menarik adalah Word Tracker, kerjanya mirip dengan versi Google keyword tool. Versi gratisnya akan cepat menghasilkan halaman dari keywords suggestion (kata kunci yang disarankan).

Menambahkan Keywords Ke dalam Blog


Ketika kita memposting sebuah artikel, kita harus menambahkan keywords yang telah kita hasilkan (generate). Sangatlah penting keywords yang sesuai dengan konten dan tidak hanya sebagai "pelengkap" didalamnya. Cobalah untuk menambahkan keywords yang dipilih beberapa kali tergantung pada panjang artikel yang bersangkutan. Dan sekarang, sangatlah bagus jika kita dapat menambahkan keywords atau bagian dari keywords pada judul artikel.

Jika hal ini sepertinya terlalu banyak menyita pekerjaan, kalian hanya akan bisa menyimpan keywords dalam pikiran kalian, seperti blog kalian. Cukup menambahkan beberapa level keywords pada artikel, akan memberikan efek positif pada blog kita.

Jadi artikel berikutnya yang kalian posting dengan keywords yang telah kalian cari, atau yang menurut kalian akan berguna, pastikan artikelnya membantu search engine google dan search engine lain akan membantu kalian.



Out Of Topic


IndobiZLine Blog sekarang sudah bisa diakses di http://www.indobizline.com. Buat sobat yang sebelumnya sudah bertukar link dengan IndobiZLine dengan url http://numb3rblog.blogspot.com, saya minta tolong untuk menggantinya dengan url baru IndobiZLine. Dan yang mau bertukar link dengan IndobiZLine, bisa liat caranya dihalaman Partner Site.

Thanks :)
loading...

33 comments:

  1. bingung saya pas buka artikelnya ternyata harus di skip dulu ya gan

    ReplyDelete
  2. lagi belajar bisnis online, gan... tks atas infonya

    ReplyDelete
  3. Berapa persen maksimal kata kunci yang harus di bidik gan....
    Terimakasih sebelumnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keywords density utk Google minimal 3%, sedangkan Yahoo & bing minimal 5-6%.

      Delete
  4. sebenarnya pas kita dapet duit dari internet itu duitnya darimana sih ?.. hehe pisss.....

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas informasinya gan, ini sangat membantu saya.
    Tapi saya kurang begitu faham mengenai cara menggunakan tool tersebut.
    Kalau bisa tolong kasih tutorialnya khususnya mengenai google adwords

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek disebelah kiri (di google keyword tool), ada bagian help center. Disitu dijelasin semua sob :)
      Atau klo bingung bahasa inggris, ganti bahasanya dulu dibagian atas jd bahasa Indonesia.

      Delete
  6. trimakasih banyak atas infonya gan.
    saya masih sedang dalam pembelajaran tentang SEO, maklum baru 1 bulan di blogging. semoga infonya bermanfaat bagi semua ya gan.
    terus berkarya....

    ReplyDelete
  7. Saya belu begitu faham mengenai keyword tool, terutama cara penggunaanya. Mohon penjelasannya gan?
    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya sama seperti @obat herbal kanker payudara sob. Cek dibagian help center pd masing-masing situs :)

      Delete
  8. kalau mau terindex dengan google dengan cepat harus paham tentang seo dan meletakan keyword di setiap artikel.ane coba ah...thanks sebelumnya atas infonya gan.

    ReplyDelete
  9. wah agan ilmu nya pasti udah hebat nih.. makasih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belajar kok sob......
      Masih jauh dari kategori hebat :)

      Delete
  10. ke dah saya menuju halaman yang emang sedang saya cari tentnng pentingya keyword..

    ReplyDelete
  11. gan pada saat ane mengecek keyword blog ane,di seocentro ternyata keyword ane hanya 3%,itu maksudnya apa ya..apakah keyword yang ane masukkan kelebihan kata,atau yang lainnya gan?
    mohon bantuannya di blog ane ya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya keyword density blog ente 3% sob, persentase segitu dah cukup kok untuk SEO blog ente :)
      Nggak kelebihan kok, tenang aja :D

      Delete
  12. yaps ... sangat setuju sekali, web tanpa seo = nothing

    ReplyDelete
  13. Bos saya pernah cek pake tool trus katanya website http://www.pakaianbandungmurah.com/terlalu banyak keywordnya, memang keyword yang bagus itu berapa kata yah??? bukannya klo banyak keyword justru website kita akan mudah di temukan google atau sebaliknya yah... mohon masukannya buat website http://www.pakaianbandungmurah.com/ keyword yang bagus apa aja yah>>>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya tau, maksimal keywords density di google 3% bos, kalo search engine lain 5%.
      Terlalu banyak jg gak bagus, nanti takutnya dianggap spam keywords sm google.

      Coba di cek aja pake keywords density checker, udah banyak kok yg beredar :)

      Delete
  14. makasih atas infonya bro. teman saya mah lebih suka pake jasa seo dari pada kerjain sendiri.

    ReplyDelete
  15. bahwa kita harus bisa meningkatkan trafik supanya pagerank meningkat terus

    ReplyDelete
  16. ohh gituhh too ...
    maksaih gan atas infonya .. sangatlah membantu :-)

    ReplyDelete