Tuesday, April 23, 2019

Panggilin, Aplikasi Freelancer Terbaik

0 comments
loading...
Panggilin, Aplikasi Freelancer Terbaik
Panggilin, Aplikasi Freelancer Terbaik

Era digital belakangan ini telah mengubah cara pandang masyarakat Indonesia untuk menemukan kemudahan dan kepraktisan dalam memenuhi kebutuhannya. Melihat pertumbuhan pangsa pasar layanan on-demand yang mengesankan, pada tanggal 17 Oktober 2018, Sebuah startup yang bergerak dibidang on-demand services meluncurkan sebuah aplikasi bernama Panggilin.

Apa sih Panggilin itu ?


Pengertian Aplikasi Panggilin

Panggilin merupakan On-Demand Services Marketplace, berfokus menghubungkan personal maupun bisnis dengan pekerja lepas (Freelancer). Dengan menggunakan Aplikasi Panggilin kita bisa menemukan bantuan langsung dengan cara membuat tugas untuk dikerjakan para pekerja lepas, mulai dari pekerjaan kantor, tugas sekolah, tugas kampus, atau bahkan pekerjaan rumah sekalipun, bisa terbantu dengan aplikasi panggilin ini.

Memang tugas / kerjaan seperti apa sih yang bisa diberikan lewat aplikasi panggilin?

Sebentar, sebelum kita sampai kesana, gak ada salahnya kalo kita lihat dulu behind the story atau sejarah terciptanya aplikasi Panggilin.


Sejarah Dibuatnya Aplikasi Panggilin

Aplikasi Panggilin didirikan oleh Fido Tria Brahma pada April 2018. Ide Panggilin sendiri sudah tercetus lama sejak Oktober 2016 dan sempat berpartisipasi menjadi salah satu peserta inkubasi dari program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Ide pembuatan nya sendiri berdasarkan pada pengalaman pribadi bro Fido sebagai founder nya, dan beberapa orang terdekatnya ketika kesulitan dalam mencari pertolongan, baik itu dalam bentuk jasa maupun pertolongan yang bersifat mendesak lainnya. Menyadari adanya masalah tersebut, Fido melihat adanya peluang bisnis dan kemudian membuat konsep dengan melakukan riset mendalam untuk mendapatkan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan.

Nah, berdasarkan hasil riset itulah akhirnya terciptalah sebuah konsep dengan memanfaatkan teknologi digital yang dapat menghubungkan orang yang butuh bantuan dengan orang yang dapat memberikan bantuan berupa aplikasi mobile Panggilin.


Sedangkan untuk aplikasinya, Panggilin resmi dirilis di Playstore pada Oktober 2018 oleh PT Aliansi Inovasi Global, sebuah perusahaan rintisan digital. Hingga saat ini Panggilin sudah memiliki puluhan ribu pengguna di seluruh Indonesia dengan ribuan projek dan freelancer yang sudah terlibat berkontribusi baik profesional maupun amatir, dari berbagai latar belakang keahlian teknis maupun non-teknis.

Oke, sekarang bisa kasih tahu, tugas / kerjaan apa yang bisa kita berikan di aplikasi Panggilin ini?


Kategori Pekerjaan di Aplikasi Panggilin

Seperti yang sudah saya sampaikan sedikit diatas, di aplikasi Panggilin, kita bisa meminta bantuan dari Pekerja Lepas / Freelancer (atau biasa disebut sebagai hero di aplikasi Panggilin), untuk mengerjakan berbagai macam jenis pekerjaan.

Sebagai contoh, kamu lagi ada kerjaan deadline di kantor yang harus segera diselesaikan, supaya cepet..kamu bisa kok minta tolong (dengan imbalan tentunya) ke para hero di Panggilin untuk membantu meringankan pekerjaan kamu. Tugas-tugas seperti mengetik di excel atau word, mengumpulkan data / sumber referensi, bisa kamu tawarkan ke mereka.

Atau buat yang masih sekolah maupun kuliah, kamu juga bisa meminta bantuan dengan memberikan tugas ke hero di Panggilin, entah itu bahan untuk presentasi, skripsi, atau mungkin kamu perlu orang untuk di Interview sebagai sumber presentasi kamu? Bisa juga loh kamu tawarkan di Panggilin.

Buat para Ibu Rumah Tangga (atau bapak rumah tangga), sepertinya malah lebih banyak lagi tugas yang bisa kalian berikan ke para hero di Panggilin, sebut saja, tugas kecil untuk mengganti lampu ruangan yang mati / putus, biasanya di perumahan, susah sekali untuk meminta bantuan sama tetangga. Atau mungkin, kamu termasuk seseorang yang mengembangkan bisnis dirumah? Biasanya banyak sekali kendala kan? Dengan menjadi pengguna aplikasi Panggilin, gak perlu bingung lagi mencari bantuan loh!

Contoh lain yang bisa kamu gunakan dengan aplikasi Panggilin, kamu punya rencana untuk memberikan kejutan ke pacar kamu saat sedang kamu ajak makan di cafe / warung makan / restoran, dan kamu butuh orang untuk membantu, entah itu sebagai pengamen dadakan, penyanyi acapella, sampai pembaca puisi yang isinya curahan hati kamu? Semua bisa kamu tawarkan ke para hero di aplikasi Panggilin !

Supaya mudah, aplikasi Panggilin sudah membagi beberapa kategori pekerjaan yang bisa dibuat oleh pembuat tugas di aplikasi panggilin seperti :
  1. Marketing & Sales.
  2. Desain, Video, & Photography.
  3. Copywriting, Penulisan, Konten &Penerjemah.
  4. Admin & Data Entry.
  5. Legal, Akuntansi & Perpajakan.
  6. Penulisan, Konten, & Penerjemah.
  7. Pengiriman Barang.
  8. IT Programming.

Bisnis Model Panggilin

Panggilin memiliki freelancer atau biasa disebut sebagai hero dan pembuat tugas yang merupakan pengguna yang meminta bantuan kepada freelancer, pembuat tugas dan hero berhak menentukan upah yang akan dibayarkan dan disepakati oleh pembuat tugas kepada hero. Pembayaran dilakukann melalui aplikasi panggilin dengan alasan untuk menjaga keamanan transaksi baik dari pembuat tugas ataupun dari hero, dengan menerapkan sistem pembelian token kepada hero, dimana fungsi token merupakan indikator untuk memastikan mereka untuk bisa mengambil tugas dipanggilin

Sampai saat ini Panggilin masih berfokus untuk campaign di daerah Jabodetabek, Indonesia. Walaupun aplikasi sudah bisa digunakan di daerah manapun di Indonesia (nationwide). Dan aplikasi panggilin saat ini hanya tersedia untuk Android yang akan menyusul iOS dan website di tahun 2019 ini.

Supaya lebih jelas lagi, kamu bisa lihat video dibawah tentang Cara Penggunaan Aplikasi Panggilin dan juga review yang sudah menggunakan aplikasi Panggilin.








Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi pemberi tugas atau sebagai HERO (Freelancer) di Panggilin? silakan manfaatkan smartphone yang kamu punya, lalu instal aplikasi Panggilin melalui Google Playstore atau bisa kamu langsung download disini > Aplikasi Panggilin
loading...

No comments:

Post a Comment